Analisa Tingkat Kepuasan Pasien Pengguna Jasa Askeskin Terhadap Pelayanan Keperawatan Di Ruang ASKIN Rumah Sakit Islam Sultan Agung Semarang

Hartutik, Sri (2008) Analisa Tingkat Kepuasan Pasien Pengguna Jasa Askeskin Terhadap Pelayanan Keperawatan Di Ruang ASKIN Rumah Sakit Islam Sultan Agung Semarang. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF
61Kb

Official URL: http://keperawatan.undip.ac.id

Abstract

Kepuasan pasien merupakan hasil yang dirasakan oleh pasien dari kinerja rumah sakit sebagai ukuran kualitas/mutu pelayanan kesehatan yang memberikan informasi suksesnya pemberi pelayanan kesehatan. ASKESKIN merupakan program pelayanan kesehatan gratis untuk masyarakat miskin yang diselenggarakan oleh pemerintah yang bertujuan untuk meningkatkan derajat kesehatan dan mutu pelayanan kesehatan bagi penduduk miskin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien pengguna jasa Askeskin terhadap pelayanan keperawatan di Ruang Askin Rumah Sakit Islam Sultan Agung Semarang. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kwantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah pasien rawat inap pengguna jasa Askeskin di Rumah Sakit Islam Sultan Agung Semarang dengan sampel 35 pasien. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 62,85 % responden mengatakan sangat puas terhadap pelayanan keperawatan dan 37,15 % responden mengatakan puas terhadap pelayanan keperawatan. Dari hasil penelitian tentang persepsi pasien terhadap mutu pelayanan kesehatan didapatkan data bahwa 68,57 % responden mengatakan mutu pelayanan kesehatan yang diberikan sangat baik dan 31,43 % responden mengatakan bahwa pelayanan kesehatan yang diberikan selama ini baik. Secara garis besar bahwa tingkat kepuasan pasien pengguna jasa Askeskin sangat tinggi dan mutu pelayanan kesehatan yang diberikan oleh Rumah Sakit sangat baik terhadap pelayanan kesehatan yang diberikan.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RT Nursing
Divisions:Faculty of Medicine > Department of Nursing
Faculty of Medicine > Department of Nursing
ID Code:10325
Deposited By:Admin Mr. Ilmu Keperawatan
Deposited On:07 May 2010 10:04
Last Modified:07 May 2010 10:04

Repository Staff Only: item control page