Faktor – faktor yang berhubungan dengan lamanya tahap penanganan fase krisis pasien gangguan jiwa di Unit Perawatan Intensif RSJ Prof dr Soeroyo Magelang”

Sawab, - (2008) Faktor – faktor yang berhubungan dengan lamanya tahap penanganan fase krisis pasien gangguan jiwa di Unit Perawatan Intensif RSJ Prof dr Soeroyo Magelang”. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF
74Kb

Official URL: http://keperawatan.undip.ac.id

Abstract

Pasien gangguan jiwa memerlukan perawatan di rumah sakit dan perawat sebagai salah satu anggota tim kesehatan yang merawat pasien gangguan jiwa. Sistem klasifikasi pasien didesain untuk menentukan jumlah atau intensitas dari pelayanan keperawatan yang diperlukan oleh tiap pasien berdasarkan klasifikasi pasien jiwa yang terbagi menjadi empat kategori. Salah satu kategori yang ada adalah kategori krisis. Fenomena ini yang mendasari perlunya diketahui faktor yang berhubungan dengan lamanya tahap penanganan fase krisis pada pasien gangguan jiwa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor faktor yang berhubungan dengan lamanya tahap penanganan fase krisis pasien gangguan jiwa dari sisi umur, jenis kelamin dan status marital. Metode penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan menggunakan pendekatan cross sectional bersifat deskriptif analitik. Sampel yang digunakan 116 pasien gangguan jiwa dengan fase krisis. Hasil dari penelitian didapatkan rata – rata lamanya tahap penanganan fase krisis pada pasien gangguan jiwa adalah 10.6 shif. Tidak ada hubungan antara jenis kelamin dengan lamanya fase krisis sebab nilai p = 1.00, tidak ada hubungan antara usia dengan lamanya fase krisis dengan nilai p = 0.18, tidak ada hubungan antara status marital dengan lamanya fase krisis dengan nilai p = 0.58 pada pasien gangguan jiwa di Ruang Perawatan Intensif RSJ Prof. dr Soeroyo Magelang. Dengan hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan dan kajian untuk melakukan pengkajian dan membuat prosedur tetap tentang lama fase krisis pasien gangguan jiwa.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RT Nursing
Divisions:Faculty of Medicine > Department of Nursing
Faculty of Medicine > Department of Nursing
ID Code:10324
Deposited By:Admin Mr. Ilmu Keperawatan
Deposited On:07 May 2010 09:59
Last Modified:07 May 2010 09:59

Repository Staff Only: item control page