ANALISIS PENGARUH INTEGRASI STRATEGIK DAN ORIENTASI PASAR TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN DAN KEUNGGULAN BERSAING BERKELANJUTAN (STUDI KASUS DISTRIBUTOR SEPEDA MOTOR HONDA DI BALI)

AD, I NYOMAN RANA (2005) ANALISIS PENGARUH INTEGRASI STRATEGIK DAN ORIENTASI PASAR TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN DAN KEUNGGULAN BERSAING BERKELANJUTAN (STUDI KASUS DISTRIBUTOR SEPEDA MOTOR HONDA DI BALI). Masters thesis, program Pascasarjana Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF - Published Version
2580Kb

Abstract

The research explained a sustainable advantage that need to be achieved by each company to face global trend. Lado et all (1992: 81), on one hand, stated that sustainable competitive advantage can be achieved by company performance. One the other hand performance is influenced by strategic integration (Johnson 1999:7) and market-orientation (Baker et all -1999: 50). Furthermore market orientation is related to sustainable competitive advantage (Narver and Slater at Ferdinand 1999: 111). This research analyze the effect of strategic integration and market orientation on sustainable competitive advantage In order to address the question, four hypothesis are develop and examined. Data that gathered from 120 respondents consists of Honda distributor at Bali ware processed by using Structural Equation Modeling Analysis utilizing AMOS. 5 program The result proved that market performance is significantly affected by strategic integration as well as by marketing orientation. The result also proved that sustainable competitive ad vantage is significantly affected by market orientation and marketing performance. This research also tried to bridge its result with theoretical and management implications. The managerial implication stated that the Honda management should try to build a sustainable competitive advantage through the improvement of marketing performance, market orientation and strategic integration. Despite of the research constrains, it is hopeful that this research could be of any use for further research reference. Dalam penelitian ini dijelaskan mengenai adanya perkembangan global yang menuntut setiap perusahaan memiliki keunggulan bersaing berkelanjutan. Lado et al ( 1992:81) menyatakan bahwa keunggulan bersaing berkelanjutan dapat diraih dengan peningkatan kinerja perusahaan. Sementara itu kinerja perusahaan dapat dipengarui oleh integrasi strategik ( Johnson 1999;7) dan orientasi pasar bagi perusahaan akan berdampak positif pula terhadap keunggulan bersaing berkelanjutan ( Never dan Slater, dalam Ferdinand, 1999; 111). Permasalahan yang dikembangkan dalam penelitian ini adalah: Bagaimana pengaruh integrasi strategik dan orientasi pasar terhadap kinerja perusahaan dan keunggulan bersaing berkelanjutan. Untuk menjawab pertanyaan penelitian ini, di kembangkan empat hipotesis yang akan diajukan. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder, bersumber dari 120 distributor kendaraan Honda di Bali, diolah menggunakan analisis Structural Equation Modelling (SEM) program AMOS.5. Dan penelitian yang dilakukan pada distributor tersebut diperoleh hasil bahwa kinerja perusahaan dipengaruhi secara signifikan oleh integrasi strategik, orientasi pasar berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja perusahaan, integrasi strategik berpengaruh secara signifikan terhadap keunggulan bersaing berkelanjutan. Akhir dari penelitian ini juga menghubungkan antara basil penclitian dengan implikasi teoritis. Kinerja perusahaan dipengaruhi secara positif oleh integrasi strategik, orientasi pasar berpengaruh secara positif terhadap kinerja perusahaan, integrasi strategik berpengaruh positif terhadap keunggulan bersaing berkelanjutan dan kinerja perusahaan berpengaruh positif terhadap keunggulan bersaing berkelanjutan. Adapun dalam implikasi manajerial dinyatakan bahwa pihak manajemen Honda dapat melakukan usaha-usaha yang dapat membangun keunggulan bersaing berkelanjutan melalui peningkatan kinerja perusahaan, orientasi pasar dan integrasi strategik. Keterbatasan penelitian dan agenda penelitian mendatang dapat dijadikan referensi bagi penelitian selanjutnya.

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions:Postgraduate Program > Master Program in Management
ID Code:10314
Deposited By:Mr UPT Perpus 2
Deposited On:07 May 2010 09:26
Last Modified:07 May 2010 09:26

Repository Staff Only: item control page