ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI DERAJAT INOVASI DALAM UPAYA MENINGKATKAN KINERJA PERUSAHAAN (Studi Empirik pada Industri Garmen di Propinsi Jawa Tengah)

Kusumaningrum, Retno (2005) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI DERAJAT INOVASI DALAM UPAYA MENINGKATKAN KINERJA PERUSAHAAN (Studi Empirik pada Industri Garmen di Propinsi Jawa Tengah). Masters thesis, Program Pascasarjana Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF - Published Version
2532Kb

Abstract

Many global product that have been launched, immediately got a positef response in the market, because of its innovativeness. However, several research agreed that this condition more effected by size of resourches. In other side, those innovatives products often failed to get a longterm profit. A different strategic orientation have been hypothized affect a different product innovativeness, that is make a positif effect to corporate performance. Business phenomenon and innovation problem above have been in medium and big industries. of gament in Central Java that have an export orientation. Because of we discuss research gap about the effect of resourches size, product character, strategic orientation to innovation degree through corporate performance. This study investigates by questionare to 105 manager al garment company in Central Java, Indonesia and use structural equation modeling as an analytical tool by AMOS 4.01. In general, the results support hyphotized model that resourches size, product character, strategic orientation to innovation degree through corporate performance. This result comfirmed many researcher irvith similar themes, in the other model and research object. Banyak produk global yang begitu diluncurkan langsung mendapat tanggapan positif di pasar karena inovasinya. Namun beberapa peneliti terdahulu belum menemukan kesepakatan bahwa kondisi ini dipengaruhi oleh ukuran sumber daya yang ada. Kemudian produk produk baru yang 'tampak' inovatif tersebut seringkali tidal< mampu memberikan profit yang berjangka panjang. Orientasi stratejik yang berbeda di antara perusahaan diduga juga memberikan efek kepada derajat inovasi suatu produk, yang pada akhirnya akan menemukan apakah suatu produk mampu memberikan efek positif terhadap kinerja perusahaan. Fenomena bisnis dan permasalahan inovasi di atas terjadi di industri garmen berskala menengab dan besar di Jawa Tengah yang berorientasi ekspor. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan dengan dasar kesenjangan basil penelitian terdahulu tentang ukuran sumber daya, karakter produk, dan orientasi stratejik dalam kontcks inovasi serta ketatnya persaingan di industri garmen propinsi Jawa Tengah yang menjadikan urgensi inovasi sebagai upaya meningkatkan kinerja perusahaan. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive random sampling. Jumlah responden yang dijadikan sebagai input penelitian adalah 105 orang. Teknik analisis yang ciipakai untuk menginterpretasikan dan menganalisis data dalam penelitian ini adalah dengan teknik Structural Equation Model (SEM) dari paket software AMOS 4.01. Dad basil pengujian hipotesis terbukti bahwa faktor-faktor ukuran sumber daya, karakter produk, dan orientasi stratejik menjadi efek positif kinerja perusahaan melalui derajat inovasi. Temuan ini mengkonfirmasi sebagian besar peneliti-peneliti terdahulu yang meneliti tema-tema yang sejenis dengan model dan objek penelitian yang berbeda.

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Management
ID Code:10310
Deposited By:Mr UPT Perpus 2
Deposited On:07 May 2010 09:07
Last Modified:07 May 2010 09:07

Repository Staff Only: item control page