PENGARUH KEMITRAAN DAN KOMUNIKASI TERHADAP EEEKTIVITAS SALURAN DISTRIBUSI SERTA IMPLIKASINYA PADA KINERJA PEMASARAN (Studi Kasus pada Distributor Nestle PT. Lima Sempurna Makmur Semarang)

Wibovvo, Tri Yoga I. (2005) PENGARUH KEMITRAAN DAN KOMUNIKASI TERHADAP EEEKTIVITAS SALURAN DISTRIBUSI SERTA IMPLIKASINYA PADA KINERJA PEMASARAN (Studi Kasus pada Distributor Nestle PT. Lima Sempurna Makmur Semarang). Masters thesis, Program Pascasarjana Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF - Published Version
2090Kb

Abstract

This study aimed to examine the effects of partnership and communication on distribution channel effectivity and distribution channel on marketing performance. The model is based on research problem, that there is deviation between target and sales realization. It is assumed that deviation occur because outlets are not operate proPerly so the goods in market are relatively low. Sales target determination and outlet target as supporting tools are based on research stages so the amount found were according on market needs and firm ability to produce. The model was tested on outlets that have partnership with PT. Lima Sempurna Makmur, as one of distribution company that market Nestle products in Semarang. There are 240 outlets that have partnership with PT. Lima Sempurna Malanur, then purposive sampling technique was used to find sample representation. The analysis technique used to tests relationship among variables is path analysis with AMOS 5 software package. The results shows that there is positive and significant relationThip between partnership and communication on distribution channel effectivity and there is positive and significant relationship between distribution channel effectivity and marketing performance. The results indicated that management need to maintain harmonious relationship (partnership and communication channel periodically) with outlets in order to sustain relatibnship and benefited both parties. Theoretical implications and recommendatibn for future research also discussed in final section of this study. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kemitraan dan komunikasi terhadap efektivitas saluran distribusi serta saluran distribusi terhadap kinerja pemasaran. Pemilihan model tersebut disesuaikan dengan research problem, yaitu terjadinya deviasi antara target dengan realisasi penjualan. Diasumsikan deviasi yang terjach karena jumlah outlet yang beroperasi tidak seperti yang diharapkan sehingga barang yang tersedia di pasar relatif rendah Penentuan target penjualan dan target outlet, sebagai sarana pendukung, tenth saja setetah melewati tahapan penelitian sehingga angka yang ditemukan sesuai dengan kebutuhan pasar clan kemampuan perusdhaan dalam berproduksi. Model penelitian diuji pada outlet yang berkerjasama dengan PT. Lima Sempurna Makmur, sebagai salah satu perusahaan distributor yang memasarkan produk Nestle di Semarang. Outlet yang bekerjasama d&ngan PT. Lima Sempurna Malunur relatif banyak, yaitu 240 outlet sehingga perlu adanya teknik sampling untuk mengliasilkan sampel yang represeritatif, yaitu purposive sampling. Teknik analisis yang digunakan untuk menguji hubuigan antar variabel adalah path analysis dengan bantam) software AMOS 5. Hash arialisis menunjukkan bahwa terclaPat hubuirgan yang phalli& dan signifikan antara keinitraan dan komunikasi terhahap efektivitas saluran distribusi serta hubungan yang positif dan signifikan antara efektivitas stiluran distribusi terhadap kinerja pemasatan. Teinuan empiris tersebut mengihdikasikan bahwa manajemen zserla merijaga hubungan yang harmonis (kemitraati dart jalinan komunikhsi secara periodik) dengk outlet, dgar supaya hubungan tersebut berlangsung lama dan menguntungkan kedua belah flihak Implikasi teoritis serta saran-saran bagi penelitian mmendatang juga diuraikan pada bagian terakhir penelitian ini.

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Management
ID Code:10307
Deposited By:Mr UPT Perpus 2
Deposited On:07 May 2010 08:57
Last Modified:07 May 2010 08:57

Repository Staff Only: item control page