Persepsi Ibu Bekerja Tentang Pemberian ASI Eksklusif Terhadap Bayi Usia 0-6 Bulan di Kelurahan Kalibanteng Kidul Kecamatan Semarang Barat

Arvina, Okta (2008) Persepsi Ibu Bekerja Tentang Pemberian ASI Eksklusif Terhadap Bayi Usia 0-6 Bulan di Kelurahan Kalibanteng Kidul Kecamatan Semarang Barat. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF
64Kb

Official URL: http://keperawatan.undip.ac.id

Abstract

Setiap ibu akan menginginkan bayinya sehat dan akan memberikan yang terbaik buat bayinya. Air Susu Ibu ( ASI ) merupakan makanan yang paling cocok untuk bayi, karena dibutuhkan oleh bayi untuk mencapai pertumbuhan dan perkembangan yang optimal, dengan pemberian ASI secara eksklusif sampai bayi berusia 6 bulan bayi dapat tumbuh lebih sehat dan cerdas. Namun kenyataannya masih banyak ibu-ibu yang bekerja tidak memberikan ASI secara eksklusif kepada bayinya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi persepsi ibu bekerja terhadap ASI eksklusif. Metode yang digunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenimenologis, yang bertujuan untuk mengetahui persepsi ibu bekerja tentang pemberian ASI eksklusif terhadap bayi usia o-6 bulan di wilayah Kelurahan Kalibanteng Kidul. Teknik pengumpulan data dengan wawancara mendalam (indept interview) dengan sample ibu bekerja yang menyusui berjumlah 5 orang Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi responden terhadap definisi ASI eksklusif adalah ASI yang diberikan kepada bayi usia 6 bulan. Manfaat pemberian ASI eksklusif bagi bayi menurut responden adalah anak menjadi sehat, untuk perkembangan bayi, anak menjadi pintar, cerdas. Metode pemberian ASI eksklusif menurut responden adalah dengan posisi duduk, tiduran, dan anak digendong. Mitos tentang ASI menurut responden adalah tidak boleh makan amis, minum es, makan pedas, payudara menjadi jelek. Pengalaman dalam memberikan ASI eksklusif yang dialami masing-masing responden berbeda-beda baik dari faktor hambatan dan cara mengatasi. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pada umumnya ibu bekerja sudah memiliki persepsi yang baik terhadap ASI eksklusif, namun masih belum dapat memberikan ASI secara eksklusif karena bekerja.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RT Nursing
Divisions:Faculty of Medicine > Department of Nursing
Faculty of Medicine > Department of Nursing
ID Code:10298
Deposited By:Admin Mr. Ilmu Keperawatan
Deposited On:07 May 2010 08:36
Last Modified:07 May 2010 08:36

Repository Staff Only: item control page