Efektifitas Terapi Warna Biru Terhadap Peningkatan Kualitas Tidur Pasien di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Daerah Purwodadi Kabupaten Grobogan

Widyowati, Ika (2008) Efektifitas Terapi Warna Biru Terhadap Peningkatan Kualitas Tidur Pasien di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Daerah Purwodadi Kabupaten Grobogan. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF
83Kb

Official URL: http://keperawatan.undip.ac.id

Abstract

Tidur adalah keadaan tanpa sadar yang penuh ketenangan tanpa kegiatan, yang merupakan urutan siklus yang berulang-ulang dan masing-masing menyatakan fase kegiatan otak dan badaniah yang berbeda. Faktor – faktor yang mempengaruhi tidur antara lain penyakit, lingkungan,motivasi, kelelahan, kecemasan, alkohol dan obat-obatan. Tidur yang terganggu dapat menurunkan kualitas tidur. Terapi warna diru memanfaatkan gelombang atau vibrasi yang muncul dari warnanya. Warna biru mempunyai frekuensi yang tinggi dan bersifat dingin, cocok untuk penyembuhan. Beberapa metode dipakai untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik seperti farmakologi dan non farmakologi. Terapi warna biru adalah salah satu bentuk penyembuhan non farmakologis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas terapi warna biru terhadap peningkatan kualitas tidur pasien. Kualitas tidur pasien dapat dinilai dengan alat Index Kualitas Tidur (Pitsburgh Sleep Quality Index). Kualitas tidur pasien dinilai sebelum dan sesudah terapi warna biru dilakukan. Metode penelitian yang dipakai adalah kuasi eksperimen katagori one group pre and post test design without control group. Data dianalisis dengan uji t. Berdasarkan hasil penelitian 38,6 % responden mengalami peningkatan kualitas tidur baik. Nilai signifikansi yang dihasilkan dari uji t menunjukkan bahwa p value (0,000) < α dengan (α) 0,05, sehingga hipotesis H0 ditolak dan H1 diterima. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terapi warna biru efektif untuk meningkatkan kualitas tidur pasien di ruang rawat inap rumah sakit daerah Purwodadi Kabupaten Grobogan.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RT Nursing
Divisions:Faculty of Medicine > Department of Nursing
Faculty of Medicine > Department of Nursing
ID Code:10287
Deposited By:Admin Mr. Ilmu Keperawatan
Deposited On:07 May 2010 08:15
Last Modified:07 May 2010 08:15

Repository Staff Only: item control page