Pemahaman Ibu dalam pengajaran anak untuk bersosialisasi pada usia pra sekolah tentang perkembangan sosial Di desa Balak Kec. Cawas Kab. Klaten

Amsya, Iera Yani (2008) Pemahaman Ibu dalam pengajaran anak untuk bersosialisasi pada usia pra sekolah tentang perkembangan sosial Di desa Balak Kec. Cawas Kab. Klaten. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF
82Kb

Official URL: http://keperawatan.undip.ac.id

Abstract

Latar Belakang. Anak sebagai aset bangsa dan kader pemimpin masa depan, memerlukan pengetehuan dan keterampilan yang bermanfaat. Merupakan tugas dan tanggung jawab orang tua adalah mendidik anak dengan baik. Banyak orang tua yang belum memahami cara mengajarkan anak bersosialisasi diluar lingkungan keluarga ataupun dengan teman sebaya. Tujuan dari penelitian tersebut adalah bagaimana pemahaman ibu dalam pengajaran anak untuk bersosialisasi pada usia pra sekolah tentang perkembangan sosial Didesa Balak, Kecamatan Cawas, Kabupaten Klaten. Metode Penelitian. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan Fenomenologis. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling, besar sampel adalah 4 orang. Teknik yang digunakan adalah wawancara yang mendalam. Hasil Penelitian. Hasil penelitian didapatkan bahwa sosialisasi adalah dimana seorang anak belajar menjadi seorang anggota yang berpartisipasi dalam masyarakat. Metode ibu dalam pengajaran anak untuk bersosialisasi adalah denagn cara mengajarkan anak untuk berinteraksi atau bergaul yaitu dengan mengajaknya keluar rumah dan dikenalkan dengan teman-temannya. Mengajarkan berperilaku baik yaitu dengan bersikap baik dan sopan. Mengajarkan menanamkan disiplin pada anak dengan mengajarkan, memberi contoh, membiasakan, dan memberi pengertian. Cara mengajarkan berkomunikasi yang baik dengan berbicara yang halus dan sopan.Cara membimbing anak menonton TV dengan cara mengarahkan kepada anak agar tidak meniru sifat yang tidak baik saat menonton TV dan bagaimana mengatasi anak jika tidak mau bergaul dengan mengajaknya keluar rumah dan dikenalkan dengan teman-temannya. Kesimpulan. Kesimpulan yang didapatkan bahwa Sosialisasi pada anak memang perlu ditumbuhkan sejak usia dini. Bahwa mereka akan hidup dalam suatu lingkungan yang terdiri dari orang lain dengan kepentingan masing-masing.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RT Nursing
Divisions:Faculty of Medicine > Department of Nursing
Faculty of Medicine > Department of Nursing
ID Code:10285
Deposited By:Admin Mr. Ilmu Keperawatan
Deposited On:07 May 2010 08:12
Last Modified:07 May 2010 08:12

Repository Staff Only: item control page