ANALISIS FAKTOR - FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRICE EARNING RATIO SAHAM PERUSAHAAN MANUFAKTUR DI BURSA EFEK JAKARTA 2001 - 2003

KURNIAWAN, FERY (2005) ANALISIS FAKTOR - FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRICE EARNING RATIO SAHAM PERUSAHAAN MANUFAKTUR DI BURSA EFEK JAKARTA 2001 - 2003. Masters thesis, Program Pascasarjana Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF - Published Version
1751Kb

Abstract

PER approach is one of the fundamental analysist that analyst value of the stock price. This based on the stock value and very affect the company performance, which shown by financial report issued by company. PER are very important and interesting to research and have important means for the investor . The current research is aimed to analysing factor's determining PER of manufacturing companies listed in Jakarta stock exchange. Factor determining are sise, sales growth, DPR, ROE, leverage, and earning growth. Sample used in research consisted of 27 manufacturing company of period 2001 until 2003. Result that not all independent variables influenced on PER. Variable size, sales growth, dan ROE influenced significantly on PER, but variable DPR, leverage, and earning growth didn't affect significantly PER. Thus simultaneously all independent variable influenced significantly on PER. PER merupakan salah satu pendekatan analisis fundamental dalam menilai harga suatu saham. Analisis PER berdasarkan atas kepereayaan bahwa nilai suatu saham sangat dipengaruhi oleh kinerja perusahaan yang tercermin dalam laporan keuangan yang diterbitkan oleh perusahaan. PER menarik untuk diteliti karena menjadi dasar investor dalam mengambil sebuah keputusan investasi. Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk menganalisis faktor — faktor yang. mempengaruhi PER pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Jakarta. Faktor — faktor yang mempengaruhi PER antara lain size, sales growth, DPR, ROE, leverage, dan earning growth. Sampel penelitian yang digunakan berjumlah 27 perusahaan manufaktur dengan periode pengamatan tahun 2001 — 2003. Penelitian yang dilakukan dianalisis dengan teknik analisis regresi berganda. Dari penelitian yang dilakukan diperoleh hasil bahwa tidak semua variabel independen berpengaruh secara signifikan terhadap PER. Variabel size, sales growth, dan ROE berpengaruh secara signifikan terhadap PER, sedangkan variabel DPR, leverage, dan earning growth tidak berpengaruh secara signifikan terhadap PER. Tetapi secara bersama - sama semua variabel independen berpengaruh secara signifikan terhadap PER.

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:H Social Sciences > HG Finance
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Management
ID Code:10284
Deposited By:Mr UPT Perpus 2
Deposited On:07 May 2010 08:11
Last Modified:07 May 2010 08:11

Repository Staff Only: item control page