ANALISIS STRATEGI PENINGKATAN KINERJA RUMAH SAKIT MELALUI FAKTOR-FAKTOR YANG BERPENGARUH TERHADAP PERILAKU PELAYANAN (Studi Kasus pada Rumah Sakit Kariadi Semarang )

Widaryanto, Widaryanto (2005) ANALISIS STRATEGI PENINGKATAN KINERJA RUMAH SAKIT MELALUI FAKTOR-FAKTOR YANG BERPENGARUH TERHADAP PERILAKU PELAYANAN (Studi Kasus pada Rumah Sakit Kariadi Semarang ). Masters thesis, Program Pascasarjana Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF - Published Version
2121Kb

Abstract

Service is become an important thing for hospital in Indonesia. This research analyzes factors influencing service behavior and its influence to increase organizational performance in Kariadi Hospital Semarang. The research problem is how to increase service behavior. This research builds a model and four hypotheses to answer the research problem. Respondents of this research are 105 persons. Respondents are staff of Kariadi Hospital. This research uses Structural Equation Modeling (SEM) under AMOS 4.01 program as analysis tools. The data analysis result of this research shows that research model and result can be accepted. The result of the research proves that leadership, communication, and control system have positive and significant influence to service behavior. Moreover, service behavior has positive and • significant influence to organizational performance. The higher leadership, communication, and control system, the higher organizational performance through the service behavior. Based on the results of the research could be taken theoretical implications that this research gives more justification for antecedents positively influence service behavior, i.e.: leadership, communication, and control system. Managerial implications of this research are hospital management need to pay attention to activity evaluation and it feed back, hospital management need to improve frequency of discussion with employees, and the leadher possesses ability in giving example and encouraging it employees. Based on the limitation, agenda for future research are adding other variables influencing service behavior and repairing sampling method Pelayanan menjadi hal yang penting bagi rumah sakit di Indonesia. Penelittaz ini menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku pelayanan dan pengaruhnya terhadap kinerja organisasi di RS Kariadi Semarang. Rumusan masalahnya adalah bagaimana meningkatkan perilaku pelayanan. Penelitian ini mengembangkan model penelitian dan empat hipotesis guna menjawab permasalahan yang ada. Responden dalam penelitian ini sebanyak 105 orang. Para responden tersebut merupakan para karyawan di RS Kariadi. Penelitian ini menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) yang dijalankan melalui AMOS 4.01 sebagai alat analisisnya. Hasil analisis data menunjukkan bahwa model penelitian dan hasilnya dapat diterima. Hasil penelitian membuktikan bahwa kepemimpinan, komunikasi, dan sistem kontrol mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku pelayanan. Selanjutnya, perilaku pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja organisasi. Semakin tinggi kepemimpinan, komunikasi, dan sistem kontrol maka akan semakin tinggi kinerja organisasi melalui perilaku pelayanan Berdasarkan basil penelitian ini maka implikasi teoritis yang dapat memberikan justifikasi yang lebih kuat bagi anteseden yang mempengaruhi perilaku pelayanan, seperti kepemimpinan, komunikasi, dan sistem kontrol. Implikasi manajerial dari penelitian ini adalah pihak manajemen rumah sakit perlu memberi perhatian lebih terhadap evaluasi aktivitas dan umpan batik, manajemen rumah sakit perlu meningkatkan frekuensi diskusinya dengan para karyawan, dan pemimpin perlu memberi contoh dan dorongan kepada para karyawannya Berdasarkan atas keterbatasan yang ada, agenda untuk penelitian mendatang perlu menambahkan variabel-variabel yang mempengaruhi perilaku pelayanan dan memperbaiki metode pengambilan sampelnya.

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Management
ID Code:10282
Deposited By:Mr UPT Perpus 2
Deposited On:07 May 2010 08:04
Last Modified:07 May 2010 08:04

Repository Staff Only: item control page