ANALISIS FAKTOR FAKTOR YANG MEMPENGARUHI STRATEGI BISNIS DAN PENGARUHNYA TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN (Studi kasus pada nasabah Usaha Mikro, Kecil dan Menengah Bank BRI di Banjarnegara)

Iman, Busrul (2005) ANALISIS FAKTOR FAKTOR YANG MEMPENGARUHI STRATEGI BISNIS DAN PENGARUHNYA TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN (Studi kasus pada nasabah Usaha Mikro, Kecil dan Menengah Bank BRI di Banjarnegara). Masters thesis, program Pascasarjana Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF - Published Version
3344Kb

Abstract

Sejak pasta krisis ekonomi tahun 1996 s/d 2003, kalangan perbankan mulai banyak mengalihkan bisnis pembiayaannya yang semula lebih banyak di sektor korporasi ke sektor mikro dan kecil. Hal ini disebabkan karena pada saat dan parka krisis, justru banyak perusahaan skala mikro, kecil dan menengah yang dapat melewati masa krisis tersebut dan bahkan saat ini masih terus berkembang usahanya. Mengingat Bank Rakyat Indonesia selama ini pasar utamanya adalah pembiayaan usaha mikro, kecil dan menengah dan agar pangsa pasar tetap dapat dipertahankan ditengah persaingan disektor tersebut yang akan semakin ketat, maka penelitian ini berupaya untuk mencari penjelasan tentang fenomena UNIKIVI tersebut , maka penelitian ini mengambil judul " Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi strategi bisnis dan pengaruhnya terhadap lcinerja perusahaan " (studi kasus pada nasabah usaha mikro, kecil dan menengah kantor cabang Bank Rakyat Indonesia Banjarnegara). Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis seherapa besar pengaruh faktor¬faktor variabel karakteristik perusahaan, fasilitas kredit bank dan lingkungan terhadap strategi bisnis maupun dampaknya terhadap upaya peningkatan kinerja perusahaan. Dad populasi usaha UMICM yang ada di Banjarnegara, diambil sample secara multistages sampling sebanyak 100 perusahaan, dilakukan wawancara dan dengan daftar pertanyaan, dilakukan analisis faktor konfirmatori, Structural Equation Modelling, normalitas data, outliers, multicollineari0; dan singularity, uji reability dan variance extract. Pengolahan data dengan SEM tersebut menggunakan program aplikasi Amos ver.4.0.1 Hasil dad penelitian tersebut adalah menunjukkan bahwa semua konstruk yang digunakan telah memenuhi goodness of fit dan setiap indikator menunjukkan hash baik dengan nilai CR diatas 1,96 dengan P lebih keel dari 0,05. Hasil pengolahan data melalui fill model SEM menunjukkan bahwa dari ketiga variabel independen yang mempengaruhi strategi bisnis yaitu karakteristik perusahaan, fasilitas kredit bank dan lingkungan, variabel karakteristik perusahaan merupakan variabel yang • paling berpengaruh terhadap strategi bisnis dengan nilai standardized regression weight sebesar 0,26, kemudian variabel fasilitas kredit sebesar 0,25 dan variabel lingkungan sebesar 0,22. Sementara variabel fasilitas kredit bank merupakan variabel yang paling berpengaruh terhadap ldnerja perusahaan dengan nilai standardized regression weight sebesar 0,33, kemudian variabel karakteristik perusahaan sebesar 0,30 dan lingkungan 0,29. Simpulan dari penelitian tersebut diatas menunjukkan bahwa ke tujuh hipotesis dari masing masing variabel tersebut dapat diterima. Dimasa yang akan datang, atas dasar temuan ini disarankan untuk menerapkan strategi yang mempertimbangkan lingkungan secara hati-hati dan cermat. BRI hams mengelola nasabahnya dengan lebih hati-hati. Dad variable karakteristik bisnis dan fasilitas kredit bank yang merupakan variabel yang kuat dalam penelitian ini kedepan BRI hams tetap eksis dan fokus kepada segmen bisnis nasabah mikro, kecil dan menengah (UMICM). Since economics crisis from 1996 until 2003, banking industry begin to move their business from corporate business sector to micro, small and medium sector. This is because during period economic crisis, micro, small and medium size business which remain to expand their business. According Bank BRI during at the long time core business is micro, small and medium sector and how to maintain market share from the high competitive environment, so this research scope to look for explanation about Analysis factors the influences business strategies and the influences to performance (case study at customer micro, small and medium from Bank Rakyat Indonesia Branch Banjarnegara). Target of this research is to analysis affect applying firms characteristic variable , credit batik and environmental to business strategy and also to analyst increasing performance. From the total population micro, small and medium firms (UMKM) at Banjarnegara, taken multistages sampling counted 100 firms, interview and with questionnaire, confirmatori factor analysis, Structural equation modelling, data of normality, outliers, multicollinearity and singularity, test of reability and variance extract. Data processing with SEM and appliance Amos ver.4.01 program. The following research finding is to show that all of the construct in used this research have to accepted goodness of fit criteria and each indicator to show CR over 1,96 with P more less than 0,05. Based on test of data from Full SE1v1 model to show that all of independen variable infleunces business strategy is firms characteristic, bank credit and environment, characteristic variable more affect to business strategies with standardized regression weight value at 0,26 and then credit facility variable at value 0,2.5 and environment variable value at 0,22. On the other side credit facility variable is the most variable affect to performance with value of standardized regression weight at 0,33, and then characteristic firms variable at 0,30 and environment at 0,29. Conclution of research to show that all of hipotesis from each variable is acceptable. For the next time on the basis of this finding is suggested to apply strategy considering environment accurately and carafully. BRI must be held their customer with carafully. From the strength point of characteristics firms and credit bank facility variable, for the next time, BRI had to remains focus to core business at micro, small and medium size (UMKM).

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Management
ID Code:10276
Deposited By:Mr UPT Perpus 2
Deposited On:06 May 2010 18:30
Last Modified:06 May 2010 18:30

Repository Staff Only: item control page