Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Status Gizi Buruk Pada Anak Balita di Wilayah Kerja Puskesmas Sungai Ambawang Kabupaten Pontianak

Nugroho, Andri (2008) Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Status Gizi Buruk Pada Anak Balita di Wilayah Kerja Puskesmas Sungai Ambawang Kabupaten Pontianak. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF
77Kb

Official URL: http://keperawatan.undip.ac.id

Abstract

Status gizi buruk merupakan masalah yang belum dapat diatasi. Masalah tersebut ditentukan oleh beberapa faktor diantaranya pengetahuan, pendidikan, besar keluarga dan pendapatan perkapita di wilayah kerja Puskesmas Sungai Ambawang Kabupaten Pontianak prevalensi gizi buruk pada anak balita masih cukup tinggi yaitu 0,7%. Penelitian ini untuk mengetahui faktor-faktor keluarga yang mempengaruhi status gizi buruk anak balita di wilayah kerja Puskesmas Sungai Ambawang Kabupaten Pontianak. Metode penelitian yang digunakan deskriptif. Sampel adalah ibu dengan anak balita gizi buruk. Pemilihan sampel dengan menggunakan purposive sampling. Status gizi menggunakan standar baku WHO-NCHS, data karakteristik keluarga, karakteristik balita dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner. Hasil Penelitian ini menunjukkan prosentase pengetahuan gizi ibu yang rendah sebanyak 54,9%, persentase tertinggi pada ibu berpendidikan SD yaitu 48,4%, jumlah anggota keluarga persentase tertinggi terdapat pada jumlah anggota keluarga yang besar yaitu 71,4%, dan pendapatan keluarga ≤ Rp. 300.000,00 yaitu sebanyak 58,1% Kesimpulan : tingkat pengetahuan ibu, pendidikan ibu, pendapatan dan jumlah anggota keluarga di wilayah kerja Puskesmas Sungai Ambawang masih harus mendapatkan perhatian yang serius.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RT Nursing
Divisions:Faculty of Medicine > Department of Nursing
Faculty of Medicine > Department of Nursing
ID Code:10273
Deposited By:Admin Mr. Ilmu Keperawatan
Deposited On:06 May 2010 17:51
Last Modified:06 May 2010 17:51

Repository Staff Only: item control page