Hubungan dukungan pemberi pelayanan dengan pemenuhan ADL pada lansia di Panti Sosial Tresna Wredha Wening Wardoyo Ungaran

Theedens, Alexander (2008) Hubungan dukungan pemberi pelayanan dengan pemenuhan ADL pada lansia di Panti Sosial Tresna Wredha Wening Wardoyo Ungaran. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF
94Kb

Official URL: http://keperawatan.undip.ac.id

Abstract

Populasi penduduk usia lanjut di Indonesia akan semakin meningkat seiring meningkatnya umur harapan hidup. Keadaan ini cenderung menimbulkan masalah kesehatan secara umum maupun masalah kesehatan secara fisik khusus pada lansia. Seorang pemberi pelayanan wajib mengetahui penyebab dan proses kemunduran fisik yang dialami lansia sehingga ia sudah dapat mengantisipasi pemberian dukungan apa yang akan diberikan kepada lansia agar kebutuhan-kebutuhan ADL lansia tetap terpenuhi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dukungan pemberi pelayanan dengan pemenuhan ADL pada lansia. Penelitian ini bersifat korelasional dengan pendekatan cross sectional terhadap 50 reponden. Sampel diambil dengan metode Purposive Sampling. Analisa bivariat dengan chi-square diolah dalam bentuk cross tab dengan alpha = 0,05. . pemberi pelayanan dan 72 % (36) responden ada dukungan sosial. Sejumlah 22 % (11) responden memiliki masalah ADL yang tidak terpenuhi dan 78 % (39) responden ADL terpenuhi. Hasil uji Chi-Square didapatkan X2 = 20,261 dan p value = 0,000. Dari hasil uji statistik diketahui bahwa ada hubungan yang bermakna antara dukungan pemberi pelayanan dengan pemenuhan ADL dan disarankan agar dilakukan pemberdayaan terhadap sesama lansia yang masih memiliki kemampuan untuk mengambil peran sebagai pemberi pelayanan sehingga meningkatkan interaksi dan rasa kekeluargaan diantara sesama penghuni panti.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RT Nursing
Divisions:Faculty of Medicine > Department of Nursing
Faculty of Medicine > Department of Nursing
ID Code:10271
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:06 May 2010 17:46
Last Modified:06 May 2010 17:46

Repository Staff Only: item control page