Hubungan Pengetahuan Ibu Tentang Nutrisi Batita dengan Pertumbuhan dan Perkembangan Batita di Wilayah Kerja Puskesmas Selopampang, Temanggung

Melastuti, Erna (2008) Hubungan Pengetahuan Ibu Tentang Nutrisi Batita dengan Pertumbuhan dan Perkembangan Batita di Wilayah Kerja Puskesmas Selopampang, Temanggung. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF
95Kb

Official URL: http://keperawatan.undip.ac.id

Abstract

Malnutrisi akibat konsumsi gizi yang kurang menyebabkan gangguan pertumbuhan dan pembentukan IQ. Usia 1-3 tahun merupakan masa emas pertumbuhan dan perkembangan. Hasil observasi di wilayah studi banyak anak yang mengalami penurunan grafik KMS setelah melewati 6 bulan serta mengalami masalah perkembangan motorik kasar dan bahasa. Pengetahuan tentang nutrisi dibutuhkan untuk mempertahankan perilaku pemenuhan nutrisi yang adekuat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pengetahuan tentang nutrisi dengan pertumbuhan dan perkembangan batita, dengan menggunakan pendekatan cross sectional. Penelitian dilaksanakan di wilayah kerja Puskesmas Selopampang, Temanggung dengan metode simple random sampling. Sampel 40 orang ibu diukur pengetahuannya tentang nutrisi batita dan 40 orang batita dinilai pertumbuhannya dengan perkembangannya menggunakan Denver II. Analisis data menggunakan statistik univariat distribusi frekuensi dan bivariat menggunakan uji Chi- Square dengan a = 0,05 Penelitian ini membuktikan bahwa pengetahuan ibu tentang nutrisi batita mempunyai hubungan bermakna dengan pertumbuhan (p=0,000) dan juga mempunyai hubungan bermakna dengan perkembangan (p=0,002). Selanjutnya direkomendasikan agar pihak Puskesmas dapat menindaklanjuti hasil penelitian dengan cara mengoptimalkan kegiatan Pos Yandu terutama program pemberian makanan tambahan bagi keluarga yang memiliki anak dengan masalah pertumbuhan dan melakukan penilaian Denver II secara berkala. Juga dapat diupayakan untuk diadakannya pelatihan tentang cara stimulasi dini tumbuh kembang bagi tenaga kesehatan.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RT Nursing
Divisions:Faculty of Medicine > Department of Nursing
Faculty of Medicine > Department of Nursing
ID Code:10262
Deposited By:Admin Mr. Ilmu Keperawatan
Deposited On:06 May 2010 16:29
Last Modified:06 May 2010 16:29

Repository Staff Only: item control page