Hubungan Persepsi dan Pengetahuan Perawat Dengan Pelaksanaan Komunikasi Terapeutik Di Ruang Rawat Inap RSU Dr Kardinah Tegal

Manggala, Gatot (2008) Hubungan Persepsi dan Pengetahuan Perawat Dengan Pelaksanaan Komunikasi Terapeutik Di Ruang Rawat Inap RSU Dr Kardinah Tegal. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF
82Kb

Official URL: http://keperawatan.undip.ac.id

Abstract

Komunikasi terapeutik merupakan salah satu cara untuk memberikan informasi yang akurat dan. Komunikasi terapeutik perawat akan lebih kelihatan dan lebih bermutu jika dikuti persepsi dan pengetahuan perawat lebih ditonjolkan akan komunikasi terapeutik dengan klien. Klien tahu dan akan lebih percaya kepada perawat jika mereka memiliki itu semua dengan aturan-aturan yang ditentukan sehingga untuk proses selanjutnya akan lebih bermutu perawat melakukan komunikasi berdasar kebiasaan/ rutinitas kerja sehari-hari dan belum sepenuhnya memperhatikan tehnik dan tahapan baku komunikasi dengan baik dan benar.Untuk mengetahui hubungan antara persepsi dan pengetahuan dengan pelaksanaan komunikasi terapeutik. Penelitian ini adalah penelitian diskriptif korelasional dengan rancangan penelitian Cross Sectional, yang menggunakan total sampel untuk mengetahui persepsi dan pengetahuan dengan pelaksanaan komunikasi terapeutik oleh perawat dengan responden sesuai kriteria inklusi sebanyak 97 orang, data diambil dengan cara observasi dan angket. Dari hasil pertanyaan persepsi perawat dilakukan kepada 97 responden hasilnya sangat baik 39(40%), baik 39(40%)dan pengetahuan perawat dengan kurang baik 43(43%). pelaksanaan komunikasi terapeutik hasilnya baik 66(66,8%), Hasil korelasi bivariate Spearman Rank adanya persepsi perawat dengan pelaksanaan komunikasi terapeutik diperoleh hasil yang p value =0,000 dengan nilai Correlation Coefficient=0,748 dan arah korelasinya positif. (p>0.05) menujukan kekuatan korelasi yang kuat antara persepsi dengan pelaksanaan komunikasi terapeutik, persepsi perawat dengan pelaksanaan komunikasi terapeutik. hasil nilai antara pengetahuan perawat dengan pelaksanaan komunikasi terapeutik diperoleh nilai p value=0,540 dengan nilai Correlation Coefficient = 0,063 dan arah korelasi negatif. Nilai Correlation Coefficient =0,063 menunjukan korelasi yang sangat lemah antara pengetahuan dengan pelaksanaan komunikasi terapeutik. arah korelasi adalah (+) positif searah.semakin besar nilai satu variabel semakin pula nilai variabel lainya. Perawat diruang rawat inap melaksanakan komunikasi terapeutik dengan baik, dan persepsi perawat dengan pelaksanaan komunikasi terapeutik pun ada korelasi yang kuat, dan pengetahuan perawat dengan pelaksanaan komunikasi terapeutik ada korelasi atau hubungan tetapi nilainya sangat lemah.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RT Nursing
Divisions:Faculty of Medicine > Department of Nursing
Faculty of Medicine > Department of Nursing
ID Code:10259
Deposited By:Admin Mr. Ilmu Keperawatan
Deposited On:06 May 2010 16:21
Last Modified:06 May 2010 16:21

Repository Staff Only: item control page