Faktor-Faktor Yang Berpengaruh Terhadap Motivasi Perawat Dalam Memberikan Pendidikan Kesehatan Kepada Penderita TBC Paru Di Puskesmas Samalatan Kabupaten Bengkayang Kalimantan Barat.

Edisusanto , Heronimus (2008) Faktor-Faktor Yang Berpengaruh Terhadap Motivasi Perawat Dalam Memberikan Pendidikan Kesehatan Kepada Penderita TBC Paru Di Puskesmas Samalatan Kabupaten Bengkayang Kalimantan Barat. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF
104Kb

Official URL: http://keperawatan.undip.ac.id

Abstract

Penyakit TBC paru merupakan penyakit menular yang tersebar diseluruh dunia dan menjadi masalah kesehatan penting di negara-negara berkembang. Di Indonesia penyakit TBC paru kembali muncul sebagai penyebab kematian utama, setelah penyakit jantung dan saluran pernafasan. Untuk itu pemerintah berupaya untuk menanggulangi TBC Paru melalui program. Upaya ini harus didukung oleh sikap dan perilaku perawat dalam memberikan pendidikan kesehatan sebagai upaya promotif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan faktor-faktor yang berpengaruh terhadap motivasi perawat dalam memberikan pendidikan kesehatan kepada penderita TBC paru di Puskesmas Samalatan Kabupaten Bengkayang Kalimantan Barat. Jenis penelitian ini adalah deskriptif non eksperimental dengan mengunakan metode survey data kuantitatif. Pemilihan sampel secara total sampling. Metode pengambilan data dengan membagikan kuesioner kepada 19 responden yang bekerja sebagai perawat di wilayah Puskesmas Samalantan Kabupaten Bengkayang tahun 2007. Analisa data deskriptif mengunakan skala Linkert. Hasil penelitian menunjukkan adanya motivasi internal perawat yang tinggi, yang terdiri dari tanggung jawab,pengembangan diri dan tantangan kerja yaitu dengan presentase 63.2%, maupun motivasi ekstenal perawat yang terdiri dari gaji, kepemimpinan, kondisi kerja yaitu dengan presentase 63.2%, dalam memberikan pendidikan kesehatan kepada penderita TBC paru di wilayah kerja puskesmas Samalantan. Tetap perlunya diberikan pendidikan kesehatan melalui berbagai metoda kepada masyarakat ataupun keluarga yang memiliki anggota yang menderita TBC paru oleh perawat yang bertugas di Puskesmas.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RT Nursing
Divisions:Faculty of Medicine > Department of Nursing
Faculty of Medicine > Department of Nursing
ID Code:10258
Deposited By:Admin Mr. Ilmu Keperawatan
Deposited On:06 May 2010 16:18
Last Modified:06 May 2010 16:18

Repository Staff Only: item control page