KRISWANTO, HENRY (2005) ANALISIS VARIABEL - VARIABEL YANG MEMPENGARUHI TINGKAT KESUKSESAN PRODUK BARU BAGI PENINGKATAN KINERJA PEMASARAN (STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN - PERUSAHAAN FARMASI ETHICAL DAN NON ETHICAL DI AREA KOTA SEMARANG). Masters thesis, program Pascasarjana Universitas Diponegoro.
| PDF - Published Version 1961Kb |
Abstract
Success stage of new product among others is related to sale promotion and excellence of the new product compared to another product. In addition, it can be said that consumer's knowledge management can be made as a factor which determine for a company in order to raise success of the new product. The excellence of new product is one of decisive factors of the success of new product. Indicators whether or not a company's product is success in market among others are how far the purchasing interest raise, product priority bought and decision to repurchase product variant in other time. This can be explained that the indicators are significant in influencing whether or not the product will succeed and give impact to marketing performance. Marketing performance can be measured by the existence of increased sale volume, customer growth, and company profit. The research is to examine how variables which can influence the success of the new product can increase marketing performance. The result of research describes that sale promotion variable, consumer knowledge management, and the excellence of the new product have positive influence on success stage of the new product. Meanwhile variable of success stage of the new product has positive influence on marketing performance. Tingkat kesuksesan produk baru antara lain terkait dengan promosi penjualan dan keunggulan dari produk baru tersebut dibandingkan dengan produk lain. Selain itu dapat pula dikatakan bahwa pengelolaan pengetahuan konsumen dapat dijadikan salah satu faktor yang menentukan perusahaan guna meningkatkan kesuksesan produk baru. Keunggulan produk baru merupakan salah satu faktor penentu dari kesuksesan produk baru. Didalam peluncuran suatu produk baru seringkali dijumpai adanya ketidaksuksesan daripada produk tersebut. Indikator bahwa suatu produk perusahaan sukses atau tidak di pasar antara lain adalah seberapa jauh tumbuhnya minat bell, prioritas produk yang dibeli dan keputusan untuk membeli kembali varian produk tersebut di waktu yang lain. Hal ini dapat dijelaskan bahwa indikator — indikator tersebut merupakan suatu hal yang penting dalam mempengaruhi sukses tidaknya suatu produk yang berdampak pada kinerja pemasaran. Kinerja pemasaran dapat diukur dengan adanya peningkatan volume penjualan, pertumbuhan pelanggan, dan keuntungan perusahaan. Penelitian ini untuk menguji bagaimana variabel — variabel yang dapat mempengaruhi kesuksesan produk barn dapat meningkatkan kinerja pemasaran khususnya untuk produk farmasi ethical dan non ethical. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel promosi penjualan, pengelolaan pengetahuan konsumen, dan keunggulan produk baru mempunyai pengaruh positif terhadap tingkat kesuksesan produk barn. Sementara itu variabel tingkat kesuksesan produk barn memiliki pengaruh positif terhadap kinerja pemasaran.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Management |
ID Code: | 10249 |
Deposited By: | Mr UPT Perpus 2 |
Deposited On: | 06 May 2010 15:29 |
Last Modified: | 06 May 2010 15:29 |
Repository Staff Only: item control page