ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KREATIFITAS PROGRAM PEMASARAN GUNA MENINGKATKAN KINERJA PEMASARAN ( Studi Empiris Radio Anggota PRSSNI.di Jam Tengah )

Bramiyanto, Eddy S (2005) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KREATIFITAS PROGRAM PEMASARAN GUNA MENINGKATKAN KINERJA PEMASARAN ( Studi Empiris Radio Anggota PRSSNI.di Jam Tengah ). Masters thesis, program Pascasarjana Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF - Published Version
2564Kb

Abstract

Several researchers have through empirical study on relations between creativity of marketing program and marketing performance. For instance, Andrew (1996, p.176) analyzing imagination of marketing focussed only on factors that affected marketing strategy creativity on adult product These factors divided into three kinds of factors: motivation, situation, and input on problems solving. Later, it says that creativity will affect marketing performance, since creativity will give a mechanism to make a differentiation. Andrew et al (1996, p.177) research confirm that motivation had a significant positive impact to creativity of marketing program, which will increase marketing performance. Motivation means as basic motivation inside person to do his job by giving all his effort and time and his willingness to take a risk. Creative ideas often resulted from a specific problem solving focussed on combining existing concepts on a new path (Osborn, on Andrew et al, 1996, p.175). Andrew et all (1996,p175) found that input on problems solving is a factor influencing a creativity of marketing program indicated by three different aspects. These three aspects are knowledge on marketing environments, diversity of experiences and diversity of education Orientation on working environment expected to 'take part' in increasing creativity (Van De \Ten, 1985; Bruin & Van De Yen, 1985; Insel & Moos, 1975). Six aspects that considered by many researchers from marketing planning process are: formal process in planning, association levels with other functions, communications level, comprehensiveness, time pressure level in marketing planning, and freedom. Data Processing result trough SEM (Structural Equation Modeling) assure that motivation, input on problem solving and working environment factors significantly influence creativity of marketing program as well as marketing program creativity significantly influence marketing performance. Studi empiris mengenai hubungan antara kreatifitas program pemasaran dengan kinerja pemasaran telah dilakukan oleh berberapa peneliti misalnya Andrew (1996, p.176) yang meneliti mengenai imajinasi pemasaran namun difokuskan pada pengaruh faktor faktor terhadap kreatifitas strategi pemasaran bagi produk dewasa yang dibagi dalam 3 faktor ( faktor motivasi, situasional , dan masukan pemecahan masalah). Selanjutnya dikatakan bahwa kreatifitas akan mempengaruhi kinerja pemasaran karena is memberikan suatu mekanisme untuk diferensiasi. Andrew et al (1996,p.177) dalam penelitiannya membuktikan bahwa motivasi mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kreatifitas program pemasaran yang selanjutnya akan meningkatkan kinerja pemasaran.Motivasi didefinisikan sebagai motivasi dqsar dalam dirt seseorang untuk melaksanakan tugas yang sedang diemban dengan menucurahkan waktu dan usaha lebih banyak, dan kesediannnya menanggung resiko. Ide — ide yang kreatif seringkali merupakan basil yang berpusat pada pemecahan masalah yang spesifik melalui pengkombinasian konsep konsep yang telah ada dalam cara yang baru ( Osborn ,dalam Andrew et a1,1996,p.175). Andrew et al (1996,p.175) menemukan bahwa masukan pemecahan masalah merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi kreatifitas program pemasaran yang ditandai oleh 3 aspek yaitu pengetahuan tentang lingkungan pemasaran, keragaman pengalaman dan keragaman pendidikan. Orientasi Lingkungan Kerja diduga ikut berperan meningkatkan kreatifitas ( Van De Ven,1985;Drazin & Van De Ven,1985;Insel & Moos,1975). Peneliti mempertimbangkan enam aspek dari proses perencanaan pemasaran dan lingkungan kerja yaitu proses formal dalam perencanaan, tingkat hubungan dengan fungsional lainnya, kualitas komunikasi yang dilakukan, comprehensivnesss,tingkat tekanan waktu dalam perencanaan pemasaran dan kebebasan. Basil Pengolahan data melalui SEM ( structural Equation Modeling ) membuktikan bahwa faktor motivasi, masukan pemecahan masalah dan lingkungan kerja berpengaruh secara signifikan terhadap kreatifitas program pemasaran. Demikian juga kreatifitas program pemasaran berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja pemasaran

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions:Postgraduate Program > Master Program in Management
ID Code:10244
Deposited By:Mr UPT Perpus 2
Deposited On:06 May 2010 15:07
Last Modified:06 May 2010 15:07

Repository Staff Only: item control page