TAUFIK, MOH. MABRUR (2005) ANALISIS PENGARUH KARAKTERISTIK PIMPINAN, ORIENTASI PASAR, DAN INOVASI TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN (Studi Empiris pada Industri Mebel di Kabupaten Jepara). Masters thesis, program Pascasarjana Universitas Diponegoro.
| PDF - Published Version 2670Kb |
Abstract
Nowadays the competitive condition of economy is tight and dinamic so it needs aggressive, innovative, flexibility, adaptability and fast attitude. That condition makes companies have to redesign their strategy. The changes and redesign strategy will always adapted with competitive situation and being flexible to get competitive advantage for the companies and their performance. Innovation or innovation product were believable to raise selling, profit and competitive capability of company. But in the other side, innovation has a risk for companies because it needs higher much cost, so the companies must have right and accurate coordination among divisions. The success of innovation corellated with leader characteristic and human resources so it will increase market orientation and the finally the-companies will get sustainable company performance. This research examines the influence of innovation on company performance, the influence of leader characteristics on innovation and company performance. At last this research will examine the influence of market orientation and company performance. Case study in furniture industry at Kabupaten Jepara. Population in this research are 340 furniture company with sampling 140 furniture company. Sample choosen with purpossive sampling methods. This analysis using structur equation Model (SEM). From data, model in this research can accepted chi-square 82,673; probability 0,162; GFI 0,923; AGFI 0,886; TLI 0,985; CFI 0,988; CMIN/OF 1,164; RMSEA 0,034 and that data have fulled classical asumption test. By using structure equation model the result of this research showed that: Hipotesis 1: Performance company has positive influence on innovation. Hipotesis 2: Innovation has positive influence on leader characteristics. Hipotesis 3: Performance company has positive influence on characteristics. Hipotesis 4: Innovation has positive influence on market orientation. Hipotesis 5: Performance company has positive influence on rharket orientation Kondisi persaingan yang semakin kompetitif, dinamis sehingga menuntut sikap yang agresif, inovatif, fleksibel, adaptif dan bertindak cepat. Kondisi tersebut mengharuskan perusahaan untuk menata kembali strateginya. Perubahan dan penataan kembali strategi akan terus menyesuaikan dengan situasi dan kondisi persaingan yang ada secara fleksibel dan ditujukan untuk mencapai keunggulan kompetitif. Inovasi muncul sebagai jawaban yang dapat digunakan sebagai salah satu keunggulan kompetitif bagi perusahaan dan kinerja perusahaan. Inovasi atau produk inovasi diyakini dapat meningkatkan penjualan, laba, dan juga kemampuan bersaing perusahaan. Namun disisi lain, inovasi juga mengandung resiko bagi perusahaan karena diperlukan biaya yang lebih tinggi, sehingga diperlukan koordinasi yang tepat dan akurat antar bagian dalam perusahaan guna mendukung keberhasilan inovasi. Keberhasilan inovasi salah satunya dilatarbelakangi dengan karakteristik pimpinan dan sumber daya manusia yang ada, sehingga akan menuju pada pengembangan yang berorientasi pasar yang pada akhirnya dapat mencapai kinerja perusahaan secara berkelanj utan. Penelitian ini mengkaji pengaruh inovasi terhadap kinerja perusahaan, karakteristik pimpinan terhadap inovasi, karakteristik pimpinan terhadap kinerja perusahaan, orientasi pasar terhadap kinerja perusahaan dan orientasi pasar terhadap inovasi. Penelitian dilakukan di Industri Mebel Kabupaten Jepara. Jumlah populasi 340 perusahaan mebel, sampel yang diambil 140 dengan metode purposif sampling. Alat analisis menggunakan Structur Equation Model (SEM). Dari data analisis menunjukkan model dalam penelitian ini dapat diterima, chi-square 82,673; probabilitas 0,162; GFI 0,923; AGFI 0,886; TLI 0,985; CFI 0,988; CMIN/DF 1,164; RMSEA 0,034 dan telah memenuhi uji asumsi klasik. Dengan SEM hash analisis dapat diketahui Hipotesis 1: inovasi berpengaruh positif terhadap kinerja perusahaan. Hipotesis 2: Karakteristik pimpinan berpengaruh positif terhadap inovasi. Hipotesis 3: Karakteristik pimpinan berpengaruh positif terhadap kinerja perusahaan. Hipotesis 4: Orientasi pasar berpengaruh positif terhadap inovasi. Hipotesis 5: Orientasi pasar berpengaruh positif terhadap kinerja perusahaan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Management |
ID Code: | 10242 |
Deposited By: | Mr UPT Perpus 2 |
Deposited On: | 06 May 2010 14:58 |
Last Modified: | 06 May 2010 14:58 |
Repository Staff Only: item control page