HUBUNGAN ANTARA RISIKO MANIPULASI EARNINGS DAN RISIKO CORPORATE GOVERNANCE DENGAN PERENCANAAN AUDIT (Studi Empiris pada Auditor Se-Jawa)

AZIZA, NURNA (2005) HUBUNGAN ANTARA RISIKO MANIPULASI EARNINGS DAN RISIKO CORPORATE GOVERNANCE DENGAN PERENCANAAN AUDIT (Studi Empiris pada Auditor Se-Jawa). Masters thesis, Program Pascasarjana Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF - Published Version
2291Kb

Abstract

The purposes of this study area to examine the relationship of earnings manipulation risk and corporate governance risk with auditors' planning. These topics are rarely examined. The results of this research contribute for theory development, particularly for auditing and behavioral accounting; give practice contribute for auditor when make planning audit ; and give input for organization (client) in making decision about rule that will be applied by its members. The population in this study are auditors working in KAP (audit firm). Questionnaires were sent to 613 members, with purposive sampling method. The response rate of 10.28 % (63/613*100%) was analyzed by regression method. The result show that earnings manipulation risk, corporate governance risk, and interactive relationships of earnings manipulation risk, corporate governance risk, and auditors' planning not associated with planned audit. The future research is suggested to examine other variables, including: size and culture of audit firm, experience, and auditor knowledge on client. Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan antara risiko manipulasi earnings dan risiko corporate governance dengan perencanaan audit. Selama ini penelitian tentang hal tersebut belum banyak yang melakukannya. Manfaat yang diharapkan adalah dapat memberikan kontribusi pada pengembangan teori, terutama yang berkaitan dengan auditing dan akuntansi perilaku; memberikan kontribusi praktis kepada auditor pada saat membuat perencanaan audit; dan memberikan masukan kepada perusahaan (klien) dalam mengelola perusahaan sehingga menghasilkan informasi yang dipercaya. Populasi dalam penelitian ini adalah auditor yang bekerja di KAP se-Jawa sebanyak 613 auditor dikirimkan kuesioner, kemudian kuesioner yang kembali dipilih untuk memenuhi kriteria sampel (metode purposive sampling). Response rate sampel yang dapat dianalisis sebesar 10,28% (63/613*100%) dan dianalisis dengan metode regresi. Hasil penelitian menunjuklcan bahwa risiko manipulasi earnings, risiko corporate governance dan interaksi antara risiko manipulasi earnings, risiko corporate governance dengan perencanaan audit tidak berhubungan dengan perencanaan audit. Penelitian mendatang disarankan, untuk meneliti pengaruh variable-variabel lainnya yang belum termasuk dalam penelitian ini, antara lain: ukuran dan budaya KAP, pengalaman, dan pengetahuan auditor terhadap klien.

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Accounting
ID Code:10237
Deposited By:Mr UPT Perpus 2
Deposited On:06 May 2010 14:13
Last Modified:06 May 2010 14:13

Repository Staff Only: item control page