ANALISIS PENGARUH PERUBAHAN ARUS KAS DAN LABA AKUNTANSI TERHADAP RETURN SAHAM (Studi Empiris Pada Perusahaan Keuangan Yang Go Public di Bursa Efek Jakarta)

Kusno, Joko (2004) ANALISIS PENGARUH PERUBAHAN ARUS KAS DAN LABA AKUNTANSI TERHADAP RETURN SAHAM (Studi Empiris Pada Perusahaan Keuangan Yang Go Public di Bursa Efek Jakarta). Masters thesis, program Pascasarjana Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF - Published Version
2229Kb

Abstract

Financial statement, especially which related with companies' cash flow and accounting profit, was one of most important informations that used by investor to make a valuation on company performance. This research aimed to give an empirical evidence in order to explain the impact of cash flow components's change and accounting profit toward financial companies' stock return in Jakarta Stock Exchange (JSX). Sample in this research were 30 financial companies which listed in Jakarta Stock Exchange (JSX). Those samples were obtain by using purposive sampling method. Data were provided by Indonesian Capital Market Directory and Jakarta Stock Exchange official site (www.jsx.co.id) . Multiple regression techniques had been used to analyse the data. Dependent variable was stock return, meanwhile independent variables in this research were a change in cash flow from operation activities, investing activities, funding activites and accounting profit. The findings show that not all independent variable in this research have a significant impact on stock return. Variable such as a change in cash flow from operation activities, investing activities, funding activites have positive and significant impact toward stock return, meanwhile a change in accounting profit didn't have a significant impact toward stock return. Simultaneously, all independent variable have a significant impact toward stock return. Laporan keuangan, lchususnya yang berkaitan dengan informasi perubahan arus kas dan laba akuntansi perusahaan, merupakan salah satu informasi penting yang dapat digunakan oleh investor untuk menilai kinerja perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan bukti secara empiris berkaitan dengan pengaruh penbahan komponen arus kas maupun laba akuntansi terhadap return saham perusahaan sektor keuangan di Bursa Efek Jakarta (BEJ). Sampel pada penelitian ini adalah 30 perusahaan sektor keuangan yang dipilih dengan menggunakan metode purposive sampling. Data pada penelitian ini adalah data sekunder yang diperoleh dari Indonesian Capital Market Directory dan situs resmi Bursa Efek Jakarta (www.jsx.co.id). Telcnik analisis regresi berganda digunakan untuk menganalisis data. Variabel terikat dalam penelitiann ini adalah return saham, sedangkan variabel bebas adalah perubahan anus kas dari kegiatan operasi, investasi, pendanaan dan laba akuntansi. Hasil penelitian ini adalah bahwa tidak semua variabel bebas yang digunakan dalam penelitian ini memiliki pengaruh yang signifikan terhadap return saham. Variabel perubahan anus kas dari aktivitas operasi, investasi dan pendanaan memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap return saham, sedangkan variabel bebas perubahan laba akuntansi tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap return saham. Secara bersama-sama, variabel bebas yang diteliti dalam penelitian ini memiliki pengaruh yang signifikan terhadap return saham.

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:H Social Sciences > HG Finance
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Management
ID Code:10208
Deposited By:Mr UPT Perpus 2
Deposited On:06 May 2010 11:23
Last Modified:06 May 2010 11:23

Repository Staff Only: item control page