ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KOMITMEN ORGANISASI DALAM UPAYA PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN INTERNAL (STUDI KASUS PADA PT. BANK MANDIRI KANWIL VII)

Vitalina, Astanti Dian (2004) ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KOMITMEN ORGANISASI DALAM UPAYA PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN INTERNAL (STUDI KASUS PADA PT. BANK MANDIRI KANWIL VII). Masters thesis, Program Pascasarjana Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF - Published Version
2988Kb

Abstract

This research investigates a problem of how organizational commitment influenced by role of conflict factors, role of ambiguity, participation in decision making and satisfaction of job/activity to increase internal service quality. The model proposed in this research aims to exam the influence between role of conflict, role of ambiguity, participation in decision making and satisfaction of job/activity to organizational commitment and internal service quality and also relation between organizational commitment to internal service quality. Research Object is PT. Bank Mandiri ( Persero) Tbk Kanwil VII Jateng & DIY. Population of research from 172 Officers. Data Analyzer that used is Structural Equation Modeling ( SEM) at program of AMOS 4.01. Result of data analysis indicate that research model have good fit and result of research can be proved. The conclusions are : role of conflict and role of ambiguity have a negative effect to organizational commitment; participation in decision making have a positive effect to organizational commitment and internal service quality; satisfaction of job/activity have a positive effect to organizational commitment and internal service quality and also organizational commitment have a positive effect to internal service quality. In this research could not be found the direct relation between role of conflict and ambiguity role to internal service quality. But the result supported by journals of former researcher . Based on the result of the research can be taken organizational commitment represent factor which is have a significant effect on internal service quality. Limitation of the research is very limited research variable usage , and then research object which only taking on PT. Bank Mandiri (Persero)Tbk Kanwil VII Jateng & DIY. Agenda for future research are enhance complete indicator at variable - research and test research model at other merged bank or at Bank Mandiri throughout Indonesia. Penelitian ini meneliti permasalahan bagaimana komitmen orgarnsasi dipengaruhi oleh faktor — faktor konflik peran, ambiguitas peran, partisipasi dalam pengambilan keputusan dan kepuasan kerja dalam upaya peningkatan kualitas pelayanan internal. Model yang diajukan dalam penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh konflik peran, ambiguitas peran, partisipasi dalam pengambilan keputusan dan kepuasan kerja terhadap komitmen organisasi dan kualitas pelayanan internal serta hubungan antara komitmen organisasi terhadap kualitas pelayanan internal. Obyek penelitian yang digunakan PT. Bank Mandiri (Persero) Tbk Kanwil VII Jateng & DIY. Jumlah populasi adalah 172 Officer. Alat analisis data yang digunakan adalah Structural Equation Modelling (SEM) pada program AMOS 4.01. Hasil analisis data menunjukkan bahwa model penelitian mempunyai kesesuaian/fit yang baik dan hasil penelitian dapat dibuktikan. Kesimpulan yang diambil adalah konflik peran dan ambiguitas peran berpengaruh negatif terhadap komitmen organisasi; partisipasi dalam pengambilan keputusan berpengaruh positif terhadap komitmen organisasi dan kualitas pelayanan internal; kepuasan kerja berpengaruh positif terhadap komitmen organisasi dan kualitas pelayanan internal serta komitmen organisasi berpengaruh positif terhadap kualitas pelayanan internal. Dalam penelitian ini tidak ditemukan hubungan langsung antara konflik peran dan ambiguitas peran terhadap kualitas pelayanan internal. Namun hasil tersebut didukung oleh jurnal — jurnal peneliti terdahulu. Berdasarkan hasil penelitian dapat diambil implikasi manajerial bahwa komitmen organisasi merupakan faktor yang sangat berpengaruh terhadap kualitas pelayanan internal. Keterbatasan penelitian adalah penggunaan variabel penelitian yang sangat terbatas, kemudian obyek penelitian yang hanya mengambil PT. Bank Mandiri (Persero)Tbk Kanwil VII Jateng & DIY. Agenda penelitian mendatang sebaiknya menambahkan indikator yang lengkap pada variabel — variabel penelitian dan menguji model penelitian pada bank merger lainnya atau Bank Mandiri se Indonesia.

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Management
ID Code:10203
Deposited By:Mr UPT Perpus 2
Deposited On:06 May 2010 10:57
Last Modified:06 May 2010 10:57

Repository Staff Only: item control page