ANALISIS PENGARUH KEMAMPUAN PIMPINAN DAN ORIENTASI PASAR PADA INOVASI PRODUK UNTUK MENINGKATIKAN KINERJA PEMASARAN (Studi Pada Industri Kerajinan Perak Bakar di Kota Yogyakarta)

WULANDARI, PRIUTAMI ENDAH (2004) ANALISIS PENGARUH KEMAMPUAN PIMPINAN DAN ORIENTASI PASAR PADA INOVASI PRODUK UNTUK MENINGKATIKAN KINERJA PEMASARAN (Studi Pada Industri Kerajinan Perak Bakar di Kota Yogyakarta). Masters thesis, Program Pascasarjana Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF - Published Version
2329Kb

Abstract

Inovation is a crucial for the firm. Because inovation can save sales volume and profit. This study, therefore, intent to search several factors' effect which is able to rise product inovation. The study used owner of the silver handcraft in Yogyakarta City as sample. Data analyze instrument used by the writer is AMOS. Data analyze result shows that the research model has well appropriateness and all hypothesis of the study are able to be evidenced. Summary said that leader's capability and market orientation are positively effected to product inovation. And the product inovation positively effected to market performance. Based on the result of the study, the writer take theoretic implication that the research gave additional justification to several former research. Managerial implication given to the company is suggestion or input to the owner of silver handcraft to concern the market orientation, as it is the most dominant factor effected to its inovation. The research's limitation is that it is case study so that the result is not able to be generalized. Further researches need to develop the quality by adding environmental variable. Inovasi adalah salah satu hal yang sangat penting bagi perusahaan. Sebab inovasi dapat mengamankan volume penjualan serta mempertahankan profit. Oleh karena itu penelitian ini hendak meneliti pengaruh kemampuan pimpinan dan orientasi pasar pada inovasi produk untuk meningkatkan kinerja pemasaran. Penelitian ini menggunakan sampel kerajinan perak di Kota Yogyakarta. Alat analisa data yang digunakan Amos. Basil analisa data menunjukkan bahwa model penelitian mempunyai kesesuaian/fit yang baik dan semua hipotesis penelitian dapat dibuktikan. Kesimpulan yang diambil adalah kemampuan pimpinan, orientasi pasar, berpengaruh positif terhadap inovasi produk dan inovasi produk berpengaruh terhadap kinerja pemasaran. Berdasarkan hasil penelitian dapat diambil implikasi teoritis bahwa penelitian ini memberi justifikasi tambahan bagi beberapa penelitian penelitian terdahulu. Implikasi manajerial yang dapat diberikan adalah saran bagi para pemilik kerajinan perak di Kota Yogyakarta untuk memberi perhatian pada orientasi pasar, karena hal ini merupakan faktor yang paling dominan yang mempengaruhi inovasi. Keterbatasan penelitian ini adalah bahwa penelitian ini merupakan studi kasus sehingga hasilnya tidak dapat digeneralisir. Penelitian mendatang perlu mengembanglcan penelitian dengan menambahkan variabel lingkungan.

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Management
ID Code:10187
Deposited By:Mr UPT Perpus 2
Deposited On:06 May 2010 10:26
Last Modified:06 May 2010 10:26

Repository Staff Only: item control page