ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN DALAM RANGKA MENINGKATKAN KOMITMEN (Studi Empiris Pada Pengecer Produk Teh Botol dan Air Mineral Merk "Sipp" Produksi P.T. Tirta Megah Cendana di Ungaran)

Wisaksono, Oki Yudistira (2004) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN DALAM RANGKA MENINGKATKAN KOMITMEN (Studi Empiris Pada Pengecer Produk Teh Botol dan Air Mineral Merk "Sipp" Produksi P.T. Tirta Megah Cendana di Ungaran). Masters thesis, program Pascasarjana Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF - Published Version
2200Kb

Abstract

By fast growing attention in the field of relationship marketing, hence long term buyer and seller (producer and retailer) relationship found its importance, commitment had been assumed have a significant role in marketing theory. Moreover, commitment have been viewed as important component in order to develop and maintain the buyer and seller (producer and retailer) relationship. Empirically, researchs about factors which may have influence toward commitment and its antecedent have been done. Unfortunately those researchs tend to employed multiple regression techniques to analyse the data vis a vis that techniques cannot test the model's goodness of fit empirically. Research gap have been occurred based on that matter and its require other research which may test the model's goodness of fit simultaneously. This study use variables such product aspect, price aspect and logistic aspect as variables which may influence retailer satisfaction and retailer commitment as its end. This study held toward retalier of bottled tea and mineral water product with "Sipp" brand produced by P.T. Tina Megah Cendana in Ungaran. Sample in this study was 100 retailer whom had been chose by using convenience / accidental sampling method. Data collected by using questionnaires, meanwhile AMOS software being employed to analyse the data. The findings show that variables such product aspect, price aspect and logistic aspect have a positive and significant impact toward retailer satisfaction and retailer satisfaction have a positive and significant impact toward retailer commitment. Moreover the model which tested in this research may fulfill the model's goodness of fit criterions. Dengan makin meningkatnya perhatian atas bidang hubungan pemasaran (relationship marketing) dan pentingnya hubungan pembeli dan penjual (produsen dan pengecer) dalam janglca panjang, komitmen telah dianggap memiliki peranan yang sangat penting dalam teori perna.saran. Komitmen bahkan dipandang sebagai komponen yang sangat penting dalam mengembangkan dan menjaga hubungan pembeli dan penjual (dalam hal ini adalah produsen dan pengecer). Secara empiris penelitian mengenai falctor-faktor yang mempengaruhi komitmen maupun antesedennya telah banyalc dilalculcan, sayangnya penelitian-penelitian tersebut cenderung menggunakan telmik analisis regresi berganda yang belum mampu menyimpulkan kelayalcan suatu model secara empiris sehingga hal it menimbulkan research gap dan masih memungkinkan dilalculcannya penelitian yang mampu melakukan pengujian kelayakan suatu model piña. Penelitian it akan menggunakan variabel aspek produk, aspek harga dan aspek logistik sebagai variabel yang mempengaruhi kepuasan pengecer yang pada akhirnya berpengaruh terhadap kepuasan pengecer. Penelitian it dilakukan pada pengecer produk teh botol dun air mineral merk "Sipp" yang diproduksi oleh P.T. Tirta Megah Cendana di Ungaran. Sampel penelitian yang diambil adalah sebanyak 100 pengecer yang dipilih berdasarkan metode convenience / accidental sampling. Metode pengumpulan data dilalcukan dengan metode angket. Data yang diperoleh akan dianalisis dengan menggunakan program AMOS. Hasil penelitian ini adalah bahwa variabel aspek produk, aspek harga dan aspek logistik memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap kepuasan pengecer, dan kepuasan pengecer memiliki pengaruh positif yang signifilcan terhadap komitmen pengecer. Model penelitian yang diuji dalam penelitian ini mampu memenuhi kriteria pengujian kelayakan model.

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Management
ID Code:10176
Deposited By:Mr UPT Perpus 2
Deposited On:06 May 2010 09:58
Last Modified:06 May 2010 09:58

Repository Staff Only: item control page