ANALISIS STRATEGI PENCIPTAAN KEUNGGULAN BERSAING BERIKELANJUTAN MELALUI PENINGKATAN KINERJA PEMASARAN (Studi Kasus pada Hotel Melati di Kabupaten Semarang)

HERUWANTHO, BINTANG ROBBY (2004) ANALISIS STRATEGI PENCIPTAAN KEUNGGULAN BERSAING BERIKELANJUTAN MELALUI PENINGKATAN KINERJA PEMASARAN (Studi Kasus pada Hotel Melati di Kabupaten Semarang). Masters thesis, Program Pascasarjana Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF - Published Version
2796Kb

Abstract

This research is proposed a research model to test the influence of technology orientation, business characteristic, and the relationship among all part of thet business toward marketing performance and sustainable competitive advantage. This research used data thet taken from population (sensus method) of 128 hotels in Semarang. The analysize device are using Structural Equation Model (SEM) at the AMOS program 4.01. The data result is shown that the research model have a good fit and all of the research hypothesis can be evidenced it methodology. The taken consclusion is the technology orientation have positive influence toward marketing performance, business characteristic have positive influence toward marketing performance, and the relationship among all part of thet business have positive influence toward marketing performance, and marketing performance have positive influence toward sustainable comptitive advantage. Based on the result of this research can be implicated the theorities that among the three directly variables influenced marketing performance, the variable of the business characteristic constitute variable have dominant influence toward marketing performance. Managerial implication that proposed by this research is the policy that focused on leadership and the quality of the organisational structure (for example formalitation and centralitation). Several of this research limitedness and the agenda of future research is explained at the end of this research. Penelitian ini mengajukan model penelitian untuk menguji pengaruh orientasi telmologi, lcaralcteristik perusahaan, dan hubungan antar bagian dalam perusahaan terhadap Icinerja pemasaran clan keunggulan bersaing berkelanjutan. Metode sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah sensus method dari sejtunlah 128 hotel melati yang acia di Kabupaten Semarang. Alat analisis data yang digunakan adalah Structural Equation Modelling (SEM) pada program AMOS 4.01. Hash l analisis data menunjuldcan bahwa model penelitian mempunyai kesesuaian/fit yang balk dan semua hipotesis penelitian dapat dibulctikan metodologi. Kesimpulan yang diambil adalah orientasi teknologi berpengaruh positif terhadap Icinerja pemasaran, karakteristik perusahaan berpengaruh positif terhadap kinerja pemasaran, dan hubungan atar bagian perusahaan berpengaruh positif terhadap kinerj a pemasaran, serta kinerj a pemasaran berpengaruh positif terhadap keunggulan bersaing berkelanjutan. Berdasarkan hasil penelitian dapat diambil implikasi teoritis bahwa diantara ketiga variabel yang secara langsung mempengaruhi kinerja pemasaran, variabel karakteristik perusahaan merupalcan variabel yang dominan pengaruhnya terhadap kinerja pemasaran. Implilcasi manajerial yang disarankan oleh penelitian ini adalah meningkatkan kualitas strulctur perusahaan. Disamping itu perlu juga diperhatikan mengenai gaya manajer dalam memimpin karyawannya. Beberapa keterbatasan penelitian serta agenda penelitian mendatang dijelaskan pada bagian alchir penelitian.

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Management
ID Code:10173
Deposited By:Mr UPT Perpus 2
Deposited On:06 May 2010 09:43
Last Modified:06 May 2010 09:43

Repository Staff Only: item control page