ANALISIS PENGARUH INTEGRASI STRATEJIK DAN INOVASI TERHADAP KINERJA PEMASARAN SEBAGAI STRATEGI 'UNTUK MENINGKATKAN KEUNGGULAN BERSAING PADA PRODUK KARTU INDOSAT GSM SELULER PRABAYAR (Studi Kasus Outlet Seluler di Kota Semarang)

DEWAYANI, JULITTA (2004) ANALISIS PENGARUH INTEGRASI STRATEJIK DAN INOVASI TERHADAP KINERJA PEMASARAN SEBAGAI STRATEGI 'UNTUK MENINGKATKAN KEUNGGULAN BERSAING PADA PRODUK KARTU INDOSAT GSM SELULER PRABAYAR (Studi Kasus Outlet Seluler di Kota Semarang). Masters thesis, Program Pascasarjana Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF - Published Version
2477Kb

Abstract

The highly competitive competition in celluler business enforced PT Indosat to have a proper competition strategy for achieving competitive advantage. Fawcett and Clinton (1996:40) on one hand, stated that performance influences competitive advantage. On the other hand, performance are influenced by Strategic Integration (Johnson, 1999:7) and Innovation (Han, Kim & Srivastava, 1998:30). The research aims to analyze the effect of strategic integration and innovation on marketing performance for achieving competitive advantage on Indosat's celluler prepaid card. In order to address the question, three hypothesis are developed and examined. Data is gathered from 100 respondents of the owners of celluler outlet in Semarang were processed by using Structural Equation Model (SEM) Analysis utilizing Amos 4.0. program The result proved that marketing performance is significantly affected by Strategic Integration as well as by Innovation. The result also proved that competitive advantage is significantly affected by marketing performance. This research also tried to bridge its result with theoretical and management implications. The managerial implication stated that PT Indosat should try to build a competitive advantage through the improvement of marketing performance, integration strategic and innovation. Despite of the research constrains, it is hopeful that this research could be used for further research reference. Persaingan bisnis seluler yang sangat kompetitif mengharuskan PT Indosat untuk memiliki strategi bersaing yang tepat untuk meraih keunggulan bersaing. Fawcett dan Clinton (1996:40) menyatakan bahwa kinerja mempengaruhi keunggulan bersaing. Sementara, kinerja dipengaruhi oleh Integrasi Stratejik (Johnson, 19997) dan Inovasi (Han, Kim & Srivastava, 1998:30). Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pengaruh integrasi stratejik dan inovasi terhadap kinerja pemasaran untuk meningkatkan keunggulan bersaing pada produk kartu Indosat GSM seluler prabayar.. Dalam penelitian ini dikembangkan tiga hipotesis yang akan diuji. Data diperoleh dari 100 responden pemilik outlet seluler di kota Semarang yang diolah dengan menggunakan analisis Structural Equation Model (SEM) program AMOS 4.0. Dad penelitian yang dilakukan pada para pemilik outlet tersebut diperoleh hash l bahwa kinerja pemasaran dipengaruhi secara signifikan oleh integrasi stratejik dan inovasi. Sedangkan kinerja pemasaran berpengaruh secara signifikan terhadap keunggulan bersaing. Akhir dari penelitian ini juga menghubungkan antara hasil penelitian dengan implikasi teoritis dan manajerial. Adapun dalam implikasi manajerial dinyatakan bahwa PT Indosat dapat melakukan usaha-usaha yang sekiranya dapat membangun keunggulan bersaing melalui lcinerja pemasaran, integrasi stratejik dan inovasi. Keterbatasan penelitian dan agenda penelitian mendatang dapat dijadikan referensi bagi peneliti selanjutnya.

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Management
ID Code:10170
Deposited By:Mr UPT Perpus 2
Deposited On:06 May 2010 09:28
Last Modified:06 May 2010 09:28

Repository Staff Only: item control page