Manurung, Erick Binzar (2004) ANALISIS FA.KTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN KERJA (STUDI KASUS P.ADA PENGANTAR POS DI SENTRAL PENGOLAHAN POS JALAN IMAM BARJO SEMARANG). Masters thesis, Program Pascasarjana Universitas Diponegoro.
| PDF - Published Version 1902Kb |
Abstract
The Job Satisfaction is a critical factor causing several problems in work environment. Hence this happened in the bottom place of the structural environment. This research would like to analyze some factors influencing the job satisfaction among the postmen (Postal Delivery Force) in the Centre-de-Tri Postal Jalan Imam Barjo Semarang. As a strategic functional service and delivery force, the postmen are always keeping in touch with the consumers and head-to-head to their manager and chief. Both of them give the postmen so huge job tension, and have to take it within responsibility and good reaction. There are three independent variables and a dependent variable used in this research, they are Leadership Behavior, Organization Commitment and Work Ability; and the one dependent variable is Job Satisfaction. Those four variables are modification from former researches, then developed a new theoretical model enhancing the former ones by using journals for sourcing. This becoming thesis acknowledge the influence of three variables, Leadership Behavior, Organization Commitment and Work Ability against Job Satisfaction, examined on the all 106 postmen (postal delivery force) in Centre-de-Tri Postal on Jalan Imam Barjo Semarang. The F test here shown that Leadership Behavior; Organization Commitment; and Work Ability, have altogether influencing the Job Satisfaction bound variable. While the t test shown that only two variables have influenced Job Satisfaction, they are Leadership Behavior; and Work Ability, and the most influenced the Job Satisfaction belongs to Leadership Behavior. While nothing influenced Job Satisfaction against Organization Commitment. Kepuasan Kerja adalah suatu faktor penting yang sering menyebabkan adanya masalah di lingkungan kerja. Seringkali masalah ini timbul dikalangan struktur kepegawaian yang paling bawah. Penelitian ini hendak meneliti faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan kerja di kalangan pengantar pos Sentral Pengolahan Pos Jalan Imam Barjo Semarang, yang merupakan ujung tombak stratejik fungsional. Sebagai pengantar pos, mereka selalu berhubungan langsung dengan konsumen dan juga para atasan. Keduanya memberikan tekanan luar biasa kepada para pengantar pos dan harus ditanggapi dengan penuh perhitungan dan tanggung jawab. Ada tiga variabel bebas dan satu variabel terikat yang dimasukkan dalam penelitian ini, yaitu: Perilaku Pimpinan, Komitmen Organisasi, dan Kemampuan Kerja; dan juga variabel terikat, yaitu: Kepuasan Kerja. Keempat variabel tersebut merupakan pengembangan dad beberapa penelitian terdahulu. Dengan menggunakan acuan jurnal-jurnal penelitian terdahulu yang berkaitan dengan penelitian ini, dibangunlah sebuah kerangka pemikiran teoritis penelitian ini. Penelitian ini dilakukan di Kantor Sentral Pengolahan Pos Jalan Imam Barjo Semarang, dengan mengambil responden seluruh pengantar pos (pak pos pengantar surat), sebanyak 106 orang. Jenis dan sumber data yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah data Primer, yaitu yang diperoleh langsung dari responden di lapangan melalui metode kuesioner yang diberikan kepada responden berupa: angket terbuka dan angket tertutup.Dengan menggunakan Uji F, dapat dilihat bahwa Perilaku Pimpinan, Komitmen Organisasi, dan Kemampuan Kerja, secara bersama — sama berpengaruh terhadap Kepuasan Kerja. Dengan menggunakan Uji t, dapat dilihat bahwa Perilaku Pimpinan dan Kemampuan Kerja berpengaruh terhadap Kepuasan Kerja, sedangkan Komitmen Organisasi berpengaruh terhadap Kepuasan Kerja. Perilaku Pimpinan memberikan pengaruh paling besar terhadap Kepuasan Kerja.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Management |
ID Code: | 10166 |
Deposited By: | Mr UPT Perpus 2 |
Deposited On: | 06 May 2010 09:14 |
Last Modified: | 06 May 2010 09:14 |
Repository Staff Only: item control page