Pemahaman Perawat Tentang Perkesmas Dalam Pemberian Asuhan keperawatan Keluarga di Wilayah Kerja Puskesmas Rowosari Kecamatan Tembalang Kota Semarang

Farida, -- (2009) Pemahaman Perawat Tentang Perkesmas Dalam Pemberian Asuhan keperawatan Keluarga di Wilayah Kerja Puskesmas Rowosari Kecamatan Tembalang Kota Semarang. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF
62Kb

Official URL: http://www.keperawatan.undip.ac.id

Abstract

Latar belakang : Pemahaman perawat pelaksana Perkesmas yang kurang tentang asuhan keperawatan keluarga dapat mempengaruhi mutu pelayanan yang diberikan pada keluarga, sehingga akan berdampak pada tingkat kesehatan keluarga. Tujuan: Mengetahui pemahaman perawat pelaksana Perkesmas dalam pemberian asuhan keperawatan keluarga di wilayah kerja Puskesmas Rowosari kecamatan Tembalang kota Semarang. Metode: Penelitian ini menggunakan desain penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomologis dan menggunakan sampel sebanyak 3 orang. Teknik pengambilan data dengan wawancara mendalam Hasil : Pengertian Perkesmas adalah program pokok Puskesmas yang memberikan pelayanan kesehatan pada masyarakat yang bermasalah dalam kesehatan dalam bentuk kunjungan rumah. Asuhan keperawatan keluarga adalah askep yang diberikan pada keluarga binaan melalui proses keperawatan. Faktor yang mempengaruhi dalam pelaksanaan Askep keluarga adalah kewajiban perawat dan perintah dari atasan. Hambatan dan permasalahan yang dialami perawat dalam pemberian Askep keluarga dapat berasal dari keluarga, perawat, letak geografis, dan kebijakan yang ada di Puskesmas. Peran perawat dalam pemberian askep keluarga adalah sebagai pelaksana, pendidik/ penyuluh, dan motivator. Kesimpulan dan Saran : Pemahaman perawat pelaksana Perkesmas dalam pemberian Askep keluarga masih kurang dan perlu diadakannya peningkatan pengetahuan melalui pelatihan dan sosialisasi tentang Perkesmas. Untuk tindaklanjutnya perlu diadakan pemantauan dan evaluasi pelaksanaan kegiatan Perkesmas.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RT Nursing
Divisions:Faculty of Medicine > Department of Nursing
Faculty of Medicine > Department of Nursing
ID Code:10151
Deposited By:Admin Mr. Ilmu Keperawatan
Deposited On:06 May 2010 08:37
Last Modified:06 May 2010 08:37

Repository Staff Only: item control page