ANALISIS PENGARUH SIKAP KEWIRAUSAHAAN, ORIENTASI PASAR DAN PEMBELAJARAN ORGANISASIONAL TERHADAP KINERJA BISNIS (STUDI EMPIRIS PADA INDUSTRI GARMEN DI KOTA SEMARANG)

ARDI FAUZI, HASMI (2004) ANALISIS PENGARUH SIKAP KEWIRAUSAHAAN, ORIENTASI PASAR DAN PEMBELAJARAN ORGANISASIONAL TERHADAP KINERJA BISNIS (STUDI EMPIRIS PADA INDUSTRI GARMEN DI KOTA SEMARANG). Masters thesis, Program Pascasarjana Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF - Published Version
3174Kb

Abstract

Basil penelitian Matsuno, Mentzer dan Ozsomer (2002, p.18) menyatakan bahwa kecendemngan sikap kewirausahaan berpengaruh positif terhadap kinerja bisnis ketika ada faktor mediator yaitu orientasi pasar tetapi mempengaruhi negatif atau tidak signifikan ketika tidak ada faktor mediator yaitu orientasi pasar, yang mendukung hash l penelitian Covin dan Slevin (1989 claim Matsuno, Mentzer dan Ozsomer, 2002, p.22) menemukan bahwa kecendemngan sikap kewirausahaan tidak secara signifikrm berhubungan dengan kinerja bisnis. Basil penelitian Slater dan Naver (1995, p.63) yang menyatakan bahwa Orientasi pasar dan silcap kewirausahaan merupakan dasar budaya dalam pembentukan pembelajaran organisasional, untuk mengenabangkan dan menggunakan pengetahuan barn dalam ranglca meningkatkan lcinaja. Narver dan Slater (1995) menyatakan area penting bagi penelitian lebih lanjut adalah pemahaman bagaimana fitur-ntur budaya organisasi memfasilitasi pembelajaran organisasional. Dan 'hasil penelitian terdahulu terdapat perbedaan hash l penelitian pengaruh sikap kewirausahaan, orientasi pasar dan pembelajaran organisasional terhadap kinerja bisnis. Maim rurnusan masalah penelitian adalah "Falctor-faktor sikap kewirausahaan, orientasi paw dan pembelajaran organisasional yang berpengaruh terhadap peningkatan Icinerja bisnis". Dalam rangka menjawab permasalahan tersebut, maka dikembanglcanlah sebuah model penelitian yang dibentuk dari berbagai telaah pustaka.Model penelitian ini terdiri dari lima buah hipotesis dengan empat variabel yaitu sikap kewirausahaan, orientasi pasar dan pembelajaran organisasional terhadap kinerja bisnis. Antis data tahadap 100 responden karyawan setingkat manajer dilakukan dengan alat analisis Structural Equation Modeling pada program AMOS 4.01. Hash analisis data membuktikan bahwa semua hipotesis yang diajukan dapat diterima. SeAnagga dapat disimpulkan bahwa kinerja bisnis dipengaruhi oleh tiga falctor balk itu secara langsung maupun tidak langsung, yaitu pembelajaran organisasional orientasi pasar elan sikap kewiransahaan. Pada akhiniya, penelitian ini juga menghubungkan hasil penelitian dengan implilcasi teoritis dan implikasi kebijakan yang dikemukalcan pada bab kesimpulan. Beberapa keterbatasan dan agenda penelitian mendatang dapat dijadikan acuan bagi para peneliti selanjutnya. Result of Matsuno, Mentzer' and Ozsomer ( 2002, p.18 ) suggest that entrepreneurial proclivity's performance influence is positive when mediated by market orientation but negative or nonsignificant when not mediated by market orientation, it was support the result of Covin and Slevin research( 1989 in Matsuno, Mentzer and Ozsomer, 2002, p.22 ) which found that entrepreneurial proclivity nonsignificant influences with business performances. The research of Slater and Narver ( 1993, p.63 ) suggest that market orientation, complemented by an entrepreneurial drive, provides the cultural foundation for organizational learning, to develop and use new knowledge to improve performance, Narver and Slater ( 1995 ) suggest that the important area for further research is understood how organizational culture's fiture facilitating organizational learning. To answer the question on this study, the author develops a research model from literature review. The model has five hypothesis with four variables : entrepreneurship, market orientation and organizational learning towards business performance. Data analysis to 100 managers as respondent from garment industries in Semarang is done using Structural Equation Modeling as analysis toll on AMOS 4.01 program. Result of data analysis showed that all hypothesis can be received. Thus, it can be concluded that business performance can be influenced by three factors even though it was direct or indirect influences these are organizational learning, market orientation and entrepreneurship. In the end, this ,study also relates to theoritical implications and policy implication for management describes in the conclusion section. The limitation and agenda for further study can be used as reference by further researcher.

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Management
ID Code:10140
Deposited By:Mr UPT Perpus 1
Deposited On:05 May 2010 21:21
Last Modified:05 May 2010 21:21

Repository Staff Only: item control page