SETIAWAN, HERI (2004) PENGARUH BUNDLING STRATEGY TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING (Studi pada Industri Pereetakan di Kota Semarang. Masters thesis, program Pascasarjana Universitas Diponegoro.
| PDF - Published Version 2740Kb |
Abstract
Saat ini, konten (apa yang ditawarkan) produk / jasa hanyalah strategi dasar dalam persaingan pasar. Sedangkan konteks (bagaimana menawarkan) produk/jasa adalah formula pemenangan pasar yang sesungguhnya. Bundling Strategy merupakan salah satu alternatif populer dalam strategi pemasaran. Agar potensi bundling strategy dapat berdaya secara optimal, maka anteseden dan karakteristik strategi tersebut harus dipahami dan dikelola dengan bail- Tulisan ini mengupas permasalahan kekaburan pemahaman dan kesenjangan basil penelitian pengaruh penerapan bundling strategy dan hal yang melingkupinya terhadap keunggulan bersaing perusahaan. lnkonsistensi definisi, temuan, dan basil penelitian tentang pengaruh bundling strategy telah menimbulkan kesimpangsiuran persepsi pelanggan pada product bundle itu sendiri. Padahal persepsi penghematan akan nilai bundle menjadi sebuah jembatan emas dalam menuju pemenangan persaingan pasar yang berkelanjutan.Uji empirik dilakukan dengan kuesioner kepada 100 manajer perusahaan percetakan di Kota Semarang dengan menggunakan teknik analisis Structural Equation ModelingDan ternyata ditemukan fakta bahwa secara umum terdapat pengaruh signifikan antara kinerja bundling strategy terhadap persepsi penghematan pelanggan dalam mewujudkan keunggulan bersaing. Pada bagian akhir, direkomendasikan sebuah kerangka kerja bundling strategy dalam pasar kompetitif. Kata Kunci : Bundle —Persepsi Penghematan — Keunggul an Bersaing Nowadays, Content (what to offer) is only basic, context (how to offer) is real winning formula.Therefore, good content should be complemented with appealing context to win the competition. Bundling straegy is one of popular ahernatif in marketing strategy. In order to maximize bundling performance, antesedent and characteristic should be well comprehended and managed. Thuis article describes problems of indistinct understanding and research gap of bundling strategy effect to competitive advantage. Confitsion of definition, findings, and results of bundling strategy application research has affect ambiguous distinction of customer saving perceptions toward bundling offers it self Whereas, customer saving perception of bundling is a short cut to win the competition. This study investigates by questionare to 100 marketing manager of printing company in Semarang, Central Java, Indonesia and use structural equation modeling as an analytical tool. In general, the results support hyphotized model that customer saving percepton mediate the effect of application of bundling strategy towards competitive advantage. In the last section, a model of bundling management has been proposed. Keywords : Bundle — Customer Saving Perception — Competitive Advantage
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Management |
ID Code: | 10137 |
Deposited By: | Mr UPT Perpus 2 |
Deposited On: | 05 May 2010 20:13 |
Last Modified: | 05 May 2010 20:13 |
Repository Staff Only: item control page