ANALISIS FAKTOR- FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERMINTAAN JASA AUDIT AKUNTAN PUBLIK PADA PERUSAHAAN BUKAN GO PUBLIK DI WILAYAH JAWA TIMUR

Sumanto, Agus (2004) ANALISIS FAKTOR- FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERMINTAAN JASA AUDIT AKUNTAN PUBLIK PADA PERUSAHAAN BUKAN GO PUBLIK DI WILAYAH JAWA TIMUR. Masters thesis, Program Pascasarjana Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF - Published Version
1919Kb

Abstract

ABSTRAKSI Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang menentukan perinintaan perusahaan terhadap jasa audit akuntan publik, adapun tujuan khususnya adalah untuk menganalisis pengaruh besaran (size), proporsi peinilikan saham oleh manajemen, ratio ungkitan (leverage ratio), dan pengaruh persepsi manajemen perusahaan terhadap perinintaan jasa audit akuntan publik. Pengujian dilakukan dengan sampel sebanyak 88 responden dan manajer perusahaan non go publik di Jawa Timur. Metode yang digunakan dalam pengujian adalah dengan menggunakan alat uji statistik SPSS 10, karena variabel dependennya adalah skala dummy, maka metode statistik yang sesuai adalah Model Regresi Logit Binary atau Logit Model (Gujarati, 1995, Susilowati, 2001). Hasil dati penelitian ini menemukan bahwa terdapat 27 perusahaan (3 0,7%) yattg tidak mengadakan perinintaan jasa audit akuntan publik dati sample sebanyak 88 responden, berarti yang meininta jasa audit lebth banyak yaitu sebanyak 61 perusahaan (69,3%). Sedangkan besaran (size) perusahaan, proporsi peinilikan saham oleh inanajemen, ratio ungkitan (leverage ratio), dan persepsi manajemen adalah sebagai faktor yang mempengaruhi perusahaan dalam perinintaanjasa audit. Key Word Besaran (size) perusahaan, proporsi peiniikan saham oleh manajemen, ratio ungkitan (leverage ratio), persepsi manajemen, perinintaan jasa audit. ABSTRACT The purposes of the study are to exainines factors that deterinined firms demand toward audit service of public accountants, and particularly to exainines the influences of firm size, shares proportion held by management, leverage ratio, and management perception on firms demand toward audit service of public accountants. The factors including. There are four hypotheses that developed to answers research question. The tests was conducted to 88 respondents of non trading finn managers in East Java. The test use statistical test of SPSS 10, because the dependent variabel was dummy scale, then statistic method that appropriate was Logit Binary Regression Model or Logit Model (Gujarati, 1995, Susiowati, 2001) The results shows that there were 27 firms (303%) that not demanding for audit service of public accountants from 88 respondents, means that demand for audit service of public accountants were larger namely 61 firms (69.3%). Firm size, share proportion held by management, leverage ratio, and management perception are fhctors that deterinine finn’s demand toward audit service of public accountants. Keywords: Firm size, share proportion held by management, leverage ratio, management perception, audit service demand.

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Accounting
ID Code:10091
Deposited By:Mr UPT Perpus 2
Deposited On:05 May 2010 15:26
Last Modified:05 May 2010 15:26

Repository Staff Only: item control page