PENGARUH KOMPETENSI DAN INDEPENDENSI TERHADAP OPINI AUDIT GOING CONCERN (Studi Kuasieksperimen Pada Auditor dan Mahasiswa)

SALFUDIN, SALFUDIN (2004) PENGARUH KOMPETENSI DAN INDEPENDENSI TERHADAP OPINI AUDIT GOING CONCERN (Studi Kuasieksperimen Pada Auditor dan Mahasiswa). Masters thesis, Program Pascasarjana Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF - Published Version
2062Kb

Abstract

This research have aims to answer behavioral decision theory with.discriminate compete and non compete. Its also to connective with reality as a social pressure with manipulated independence when giving the opinion. Related with behavioral decision theory, this research want to answer about information variety with effect to compete and non compete auditor. Research methods using quasi-experiment method, with factorial design 2x2, using sample PPA student, Master of Accounting student, and accounting undergraduate student. 50 student used for research sample, with randomize take into 4 groups. Result of this research is can be identified the discriminate and difference of significantly about the effect of competence and independence to going concern audit opinion. ANOVA test with F value 4.057 with significantly 0.012 identified that HI accepted. Whereas, for H2 from ANOVA test with F value 2.331 with probability 0.087. The result for H2 is rejected. Penelitian ini bertujuan untuk menguji behavioral decision theory dengan membedakan partisipan atas kompeten dan tidak kompeten , juga ingin menghubungkan dengan kondisi riil yaitu adanya tekanan-tekanan sosial, yang dalam hal ini dimanipulasi dengan suatu keadaan berupa terganggunya independensi auditor dalam memberikan suatu opini.Berkaitan dengan behavioral decision theory , penelitian ini lebih lanjut ingin mengevaluasi jenis informasi yang sangat mempengaruhi seorang auditor ahli/ kompeten dan nonahli/ non kompeten disebabkan adanya perbedaan struktur pengetahuan yang dimiliki seseorang yang kompeten dan tidak kompeten. Metode Penelitian yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode kuasieksperimen , yaitu dengan desain faktorial 2x2, dengan mengambil sampel auditor yang sedang mengikuti kuliah di program PPA dan Magister Akuntansi serta mahasiswa S-1 Akuntansi.Sampel yang diambil sebanyak 50 mahasiswa secara random dimasukkan kedalam kelompok : kompeten-independen, kompeten —non independen, non kompeten-independen, dan non kompeten-non independen (untuk pengujian HO. Sedangkan untuk pengujian H2, partisipan dimasukkan kedalam pemilihan jenis informasi typical atau atypical. Hasil penelitian menunjukkan bahwa temyata ada perbedaan pengaruh yang signifikan antara kompetensi dan independensi terhadap opini audit going —concern bagi aprtisipan antar kelompok. Uji ANOVA dengan F hitung 4,057 dengan tingkat signifikansi 0,012 yang berada dibawah 0,05, menunjukkan bahwa HI diterima. Sedangkan untuk H2 dari uji ANOVA dengan F hitung 2.331 dengan probabilitas 0,087 yang berada jauh diats 0,05 maka H2 ditolak karena tidak ada perbedaan rata-rata dari pemilahan jenis informasi.

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Accounting
ID Code:10075
Deposited By:Mr UPT Perpus 2
Deposited On:05 May 2010 08:35
Last Modified:05 May 2010 08:35

Repository Staff Only: item control page