PENGARUH BESARAN PERUSAHAAN, LEVERAGE, KEPEMILIKAN SAHAM, DAN PERSEPSI MANAJEMEN TERHADAP PERMINTAAN JASA EKSTERNAL AUDIT PADA PERUSAHAAN JASA PERHOTELAN DI JAWA TENGAH DAN DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Kono, Theodorus (2004) PENGARUH BESARAN PERUSAHAAN, LEVERAGE, KEPEMILIKAN SAHAM, DAN PERSEPSI MANAJEMEN TERHADAP PERMINTAAN JASA EKSTERNAL AUDIT PADA PERUSAHAAN JASA PERHOTELAN DI JAWA TENGAH DAN DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. Masters thesis, Program Pascasarjana Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF - Published Version
1667Kb

Abstract

Financial report intends to serve useful information for users to make economic decisions. In order that the decisions properly made, they must be based on financial reports whose accountability is reliable In general, the accountable financial report which has been audited by public accountant. Hotel affairs company as a unit that intends to gain profits should be well managed and controlled to avoid inefficiencies and loss. One of controlling way is by using an external audit services organization. A demand of external audit services is still low. So influential factors on the services need to be observed and analyzed. The aim of this research is to analyze the effects of firm size, leverage, share ownership, and management perception on demand of the services for hotel affairs company, especially luxury hotels in Central Java and Yogyakarta. This research is expected to give some benefit for academicians, government, and public accountant in developing hotel affairs company along with their roles. In this research, using logistic regression test hypothesis, as the dependent variable is dummy ( nominal ). This test did not require an audited and unaudited sample in same quantity and it had better qualification level than the other did. Before hypothesis test, assumption test is done for the research data. The result is there is no multicolinearity, heterocedacisity, or autocorrelation within them. The result shows that the independent variable of firm size has influence on demand of the external audit services. Otherwise, leverage, share ownership, and management perception do not influence the services. Yet, the variables jointly have influence on the demand of the services. Suggestions for the next research are not to limit the sample only for luxury hotel or only Central Java and Yogyakarta and to add other variables such as governmental policies, monetary crisis. Moreover leverage and share ownership should use secondary data. Laporan keuangan bertujuan menyediakan informasi yang berguna bagi para pemakai untuk pengambilan keputusan ekonomis. Agar keputusan yang diambil tepat maka keputusan tersebut hendaknya didasarkan pada laporan keuangan yang akuntabilitasnya terjamin. Umumnya laporan keuangan yang telah memenuhi akuntabilitas adalah laporan keuangan yang sudah diaudit oleh akuntan publik. Perusahaan jasa perhotelan sebagai unit usaha yang bertujuan mencari keuntungan seharusnya dikelola dan diawasi dengan baik untuk menghindari inefisiensi dan kebocoran-kebocoran. Salah satu cara pengawasan adalah dengan menggunakan jasa eksternal audit. Permintaan jasa eksternal audit oleh perusahaan jasa perhotelan masih sangat rendah sehingga faktor-faktor yang berpengaruh terhadap permintaan jasa eksternal audit perlu diteliti dan dianalisis. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh besaran perusahaan, leverage, kepemilikan saham dan persepsi manajemen terhadap permintaan jasa eksternal audit pada perusahaan jasa perhotelan khususnya hotel kelas bintang diwilayah Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi akademisi, pemerintah, akuntan publik dalam mengembangkan perusahaan jasa perhotelan sesuai peran masing-masing. Dalam penelitian ini hipotesis diuji dengan menggunakan regresi logistik, karena variabel dependen bersifat dummy (nominal). Alat pengujian ini tidak mensyaratkan sampel yang diaudit dan yang tidak diaudit dalam jumlah yang sama, serta mempunyai tingkat klasifikasi yang lebih baik dibanding alat lain. Sebelum uji hipotesis dilakukan uji asumsi klasik terhadap data penelitian. Hasilnya tidak terdapat multikolinearitas, heterokedastisitas atau autokorelasi dalam data penelitian. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa secara individu variabel bebas besaran perusahaan, berpengaruh terhadap permintaan jasa eksternal audit sedangkan leverage, kepemilikan saham dan persepsi manajemen secara individu tidak berpengaruh terhadap permintaan jasa eksternal audit. Namun variabel-variabel tersebut secara bersama-sama berpengaruh terhadap permintaan jasa eksternal audit Saran untuk penelitian selanjutnya adalah tidak membatasi sampel pada hotel berbintang saja maupun wilayah Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta, serta menambah variabel lain misalnya kebijakan pemerintah, krisis ekonomi sedangkan untuk variabel leverage dan kepemilikan saham sebaiknya menggunakan data sekunder.

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions:Postgraduate Program > Master Program in Accounting
ID Code:10074
Deposited By:Mr UPT Perpus 2
Deposited On:05 May 2010 08:32
Last Modified:05 May 2010 08:32

Repository Staff Only: item control page