PERBEDAAN FAKTOR-FAKTOR YANG BERPENGARUH DALAM PEMILIHAN PROFESI AKUNTAN PUBLIK DAN NON AKUNTAN PUBLIK (Studi Emphis Pada Mahasiswa Akuntansi Perguruan Tinggi Swasta di Propinsi Jawa Tengah)

Sijabat, Jadongan (2004) PERBEDAAN FAKTOR-FAKTOR YANG BERPENGARUH DALAM PEMILIHAN PROFESI AKUNTAN PUBLIK DAN NON AKUNTAN PUBLIK (Studi Emphis Pada Mahasiswa Akuntansi Perguruan Tinggi Swasta di Propinsi Jawa Tengah). Masters thesis, Program Pascasarjana Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF - Published Version
2197Kb

Abstract

This research aims to get evidences about the difference of the importance of intrinsic value factors, earnings, job market considerations, professional trainings between students who chosen a public accountant profession and who chosen a non¬public accountant one. The object of this study were accounting students at Private College in Central Java Province. There were 238 students participating as respondent from 8 Private College in the Province. From 238 students who become respondent there were 42 who chosen the public accountant profession and 196 who chosen the non¬public accountant one. Data was be tested by using Independent T-Test and Discriminat Analysis. The results indicate that students who chosen the public accountant profession were more considering of initial earnings, long-tenn earnings, professional trainings and who chosen the non-public accountant one were more considering of the intrinsic value factors. As additional, students who chosen the public accountant profession and who chosen the non-public accountant one did not show the existence of difference for the factor of job market consideration. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan bukti tentang perbedaan pentingnya faktor nilai intrinsik pekerjaan, penghasilan, pertimbangan pasar kerja, pelatihan profesional antara mahasiswa yang memilih profesi akuntan publik dan mahasiswa yang memilih profesi non akuntan publik. Penelitian ini menggunakan mahasiswa akuntansi pada Perguruan Tinggi Swasta di Propinsi Jawa Tengah sebagai sampel penelitian. Ada sebanyak 238 mahasiswa yang menjadi responden yang berasal dari 8 Perguruan Tinggi Swasta di Propinsi Jawa Tengah. Dan 238 mahasiswa yang menjadi responden ada sebanyak 42 orang yang memilih untuk berprofesi pada akuntan publik dan sebanyak 196 orang yang memilih berprofesi pada non akuntan publik. Data diuji dengan menggunakan uji t (Independent T-Test) dan analisis diskriminan (Discriminant Analysis). Hasil penelitian ini menunjuldcan bahwa mahasiswa yang memilih untuk berprofesi pada akuntan publik lebih mempertimbangkan faktor penghasilan awal, penghasilan jangka panjang, pelatihan profesional dan mahasiswa yang memilih untuk berprofesi pada non akuntan publik lebih mempertimbangkan faktor nilai intrinsik peketjaan. Sedangkan untuk faktor pertimbangan pasar kerja tidak menunjukkan adanya perbedaan antara mahasiswa yang memilih untuk berprofesi pada akuntan publik dan mahasiswa yang metnilih untuk berprofesi pada non akuntan publik.

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Accounting
ID Code:10070
Deposited By:Mr UPT Perpus 2
Deposited On:05 May 2010 08:19
Last Modified:05 May 2010 08:19

Repository Staff Only: item control page