ANALISIS PENGARUH STRATEGI PROSES DAN STRATEGI CONTENT TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN (Studi Kasus : Perusahaan Pelayaran Rakyat di Jakarta, Semarang, dan Surabaya)

FAISAL, ANDI ROMY (2003) ANALISIS PENGARUH STRATEGI PROSES DAN STRATEGI CONTENT TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN (Studi Kasus : Perusahaan Pelayaran Rakyat di Jakarta, Semarang, dan Surabaya). Masters thesis, Program Pascasarjana Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF - Published Version
2303Kb

Abstract

Business opportunity in transportation was appeared from the demand of compability in transportation sector by the rapid development of information technology and telecommunication. This compability will colour technological inovation in management and transportation services, that the service quality in a form of transportation speed and accuracy are the purpose of the beneficial company's management. The objective of this research is, to analyze the effect of process (strategical plan) and content strategy (company's inovation) on company's operational. From this research was hoped to give input about strategical plan and people's shipping company in a global business world. This research employed primary data of 76 managers of the people's shipping company in Jakarta, Semarang, and Surabaya, which was selected as the smallest observation units or respondents. The data collection was done by using questioners. The taking of samples was done by employing purposive sampling method, that is, a sample taking which has a certain consideration randomly. The analysis technique used in this research was doubled limier regression. From the research results indicated that the process strategy (strategical plan) had a positive effect and significant on the operational of people's shipping company (r3,000). The content strategy (company's inovation) had a positive effect and significant on the operational of people's shipping company (r3,000). Likewise, with the process and content strategy altogether had a positive effect and significant on the operational of people's shipping company (0,000)." Peluang bisnis transportasi muncul dari tuntutan kompabilitas sektor transpotasi dengan perkembangan yang pesat dari teknologi informasi dan telekomunikasi. Kompabilitas ini akan mewarnai inovasi teknologi dalam manajemen dan pelayanan transportasi, sehingga kualitas pelayanan berupa kecepatan transportasi dan ketepatan merupakan tujuan dari manajemen perusahaan yang menguntungkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh strategi proses (perencanaan strategis) dan strategi content (inovasi perusahaan) terhadap kinerja perusahaan. Dari penelitian ini diharapkan memberikan masukan mengenai perencanaan strategis dan inovasi perusahaan pelayaran rakyat pada dunia bisnis yang semakin global Penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh dari 76 manajer perusahaan pelayaran rakyat di Jakarta, Semarang, dan Surabaya yang terpilih sebagai unit observasi terkecil atau responden. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan daftar pertanyaan (cuesioner). Pengambilan sampel dilakukan dengan metode purposive sampling, yaitu pengambilan sampel yang bersifat acak dengan pertimbangan tertentu. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi limier berganda. Dari hasil penelitian menunjukan bahwa strategi proses (perencanaan strategis) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerjaperusahaan pelayaran rakyat (p=0,000). Strategi content (inovasi perusahaan) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja perusahaan pelayaran rakyat (p=000).

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions:Postgraduate Program > Master Program in Management
ID Code:10035
Deposited By:Mr UPT Perpus 2
Deposited On:04 May 2010 14:41
Last Modified:04 May 2010 14:41

Repository Staff Only: item control page