ANALISIS EFEKTIFITAS ORIENTASI PASAR, 'NOVAS', KUALITAS LAYANAN DAN KINERJA PEMASARAN PENGARUHNYA TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING (Studi Empiris Pada Industri Air Minum hi ITlang di Iowa Tengah)

SETIANTO, AGUS (2003) ANALISIS EFEKTIFITAS ORIENTASI PASAR, 'NOVAS', KUALITAS LAYANAN DAN KINERJA PEMASARAN PENGARUHNYA TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING (Studi Empiris Pada Industri Air Minum hi ITlang di Iowa Tengah). Masters thesis, Program Pascasarjana Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF - Published Version
2410Kb

Abstract

An undertsanding about creating a competitive advantage in recent global business is very important. Without knowing the understanding it's difficult to the enterprise surviving for the longterm business. Also an understanding about antecendents variables such as market orientation (competitors and customers), service quality, inovation in products or services including market performance should be in the same directions. This is about the study of Slater and Narver (95), said that an effective business/market peformance is a configuration of practical management tha facilitate knowledge which become basic of competitive advantage. Moreover this study examined, especially in the implementation of market orientation, inovation, service quality and market performance to create a competitive advantage, at the drinking water refill station in Central Java, whose using 100 of 520 respondent with SEM of AMOS 4.01 on statistics package. This study concluded that market orientation and inovation positivelly affects market performance, then market performance positivelly affects competitive advantage. At the last summary, the limitation of research and the next research agenda could be used as a reference and study or further research. Pengetahuan tentang penciptaan suatu keunggulan kompetitif dalam era perubahan dan ketidakpastian yang mewarnai dunia usaha sekarang ini adalah sangat mutlak. Karena tanpa pengetahuan yang mendasar tentang hal tersebut, sulit bagi perusahaan untuk tetap bertahan dalam jangka panjang. Juga pengetahuan tentang variabel-variabel yang mendahului, seperti orientasi pasar, baik itu pelanggan maupun pesaing, kualitas layanan, inovasi produk maupun layanan, termasuk kinerja pemasaran harus berjalan seiring. Hal ini sejalan dengan hasil study dari Stanley F Slater dan John C Narver (1995) yang menyatakan bahwa kinerja pemasaran yang efektif adalah merupakan konfigurasi dari manajemen praktis yang memberikan fasilitas untuk pengetahuan yang menjadi dasar dad keunggulan bersaing. Studi ini secara khusus maneliti implementasi orientasi pasar, inovasi, kualitas layanan dan kinerja pemasaran yang berdampak pada keunggulan bersaing yang bisa diciptakan pada industri air minum isi ulang yang ada di Jawa Tengah. Penelitian ini menggunakan sampel 100 responden dari 530 responden yang ada dengan menggunakan alat analisa SEM (Structural Equation Model) dari paket statistik AMOS 4.01. Dad hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa orientasi pasar, inovasi ternyata berpengaruh positif pada kinerja pemasaran, kualitas layanan juga berpengaruh positif pada kinerja pemasaran. Demikian juga kinerja pemasaran berpengaruh positif terhadap keunggulan bersaing. Pada akhir pembahasan, keterbatasan penelitian dan agenda penelitian mendatang dapat dijadikan acuan dan studi atau penelitian lanjutan.

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Management
ID Code:10028
Deposited By:Mr UPT Perpus 2
Deposited On:04 May 2010 14:32
Last Modified:04 May 2010 14:32

Repository Staff Only: item control page