ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAT KESUKSESAN PRODUK BARU DALAM PENINGKATAN KINERJA PEMASARAN STUDI EMPIRIS PADA USAHA PERAKITAN KOMPUTER DI JAKARTA

NAVARONE W, OKKI (2003) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAT KESUKSESAN PRODUK BARU DALAM PENINGKATAN KINERJA PEMASARAN STUDI EMPIRIS PADA USAHA PERAKITAN KOMPUTER DI JAKARTA. Masters thesis, Program Pascasarjana Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF - Published Version
2889Kb

Abstract

One of the factors influencing the degree successfulness of new product is promotion (Berggren, 2001,p.95-100). Li and Calantone (1998,p.13) saying that new product successfulness for example related to new product advantage of other product. Besides earning are also said that Icy management of the consumer knowledge can be made one of the factor determining company utilize to improve successfulness of new product, Hamel & Prahalad (Coop+r, 1996;p.3). Song and of Parry (Song, 1997,p.67) saying that excellence of new p oduct represent one of the determinant for the successfulness of new product. According to Sridhar Samu think(1999; p.60) indicator for the product company of success or of in the market, for examples are how far the growing of enthusiasm buy, product priority bought and, decision of consumer to buy again the product variant in the other time. This matter can be explained that the indicators represent an important matter in influencing it's the success do not the product affecting for marketing performance. Marketing performance can be measured with existence of the make-up for sales volume, customer growth, and sales growth (Ferdinand, 2002,p.9). The problem of this researc17 is how factors able to influence successfulness new product can improve marketing performance.The answered the problem of this research, hence developed by research model which consist of five they are promotion, management of the consumer knowledge, new product advantage, degree successfulness of new product, and marketing performance with four hypothesis to test. Data analysis to 115 respondents of outlets the effort assembling of computer in Jakarta with technique of geographical sampling random • conducted by means of the tool analyse Structural Equational Modelling (SEM) on the program of AMOS 4.01 The Result of examination of Goodness Fit Index of show value of chi-square equal to 86,520, probability equal to 0,374, GFI equal to 0,913, AGFI equal to 0,874, TLI equal to 0,997, CFI equal to 0,996, CMIN / df equal to 1,042, and RMSEA equal to 0,019. The result of analysis data indicate that all raised hypothesis can be accepted. So that can be concluded that Promotion, Manag rnent of The Consumer Knowledge, New Product Advantage, Degree Successfulness of New Product, Marketing Performance Meanwhile variable mount successfulness of new product have positive influence to marketing performance. Thereby can be concluded that factors influencing degree successfulness of new product improve marketing perfbrmance. This research also connect result of research with theoretical implication and policy implication for the management assembler of computer as a whole which elaborated in the epilogue. Limitation of research agenda and research come can be made are presenting to all researcher hereinafter. Salah satu faktor yang mempengaruhi tingkat kesuksesan produk baru adalah promosi (Berggren, 2001,p.95-100). Li dan Calantone (1998,p.13) mengatakan bahwa kesuksesan produk baru antara lain terkait dengan keunggulan dari produk baru dari produk lain. Selain itu dapat pula dikatakan bahwa pengelolaan pengetahuan konsumen dapat dijadikan salah satu faktor yang menentukan perusahaan guna meningkatkan kesuksesan produk baru, Hamel & Prahalad (Cooper, 1996;p.3). Song dan Parry (Song, 1997,p.67) mengatakan bahwa keunggulan produk baru merupakan salah satu faktor penentu dari kesuksesan produk baru. Menurut Sridhar Samu (1999; p.60) indikator bahwa suatu produk perusahaan sukses atau tidak di pasar antara lain adalah seberapa jauh tumbuhnya minat beli, prioritas produk yang dibeli dan, keputusan konsumen untuk membeli kembali varian produk tersebut di waktu yang lain. Hal ini dapat dijelaskan bahwa indikator-indikator tersebut merupakan suatu hal yang penting dalam mempengaruhi sukses tidaknya suatu produk yang berdampak pada kinerja pemasaran. Kinerja pemasaran dapat diukur dengan adanya peningkatan volume penjualan, pertumbuhan pelanggan, dan pertumbuhan nilai penjualan (Ferdinand, 2002,p.9). Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah faktor-faktor yang dapat mempengaruhi kesuksesan produk baru dapat meningkatkan kinerja pemasaran. Untuk menjawab permasalahan dalam penelitian ini, maka dikembangkanlah model penelitian yang terdiri dari lima dimensi yaitu dimensi promosi, pengelolaan pengetahuan konsumen,keunggulan produk baru, tingkat kesuksesan produk baru, dan kinerja pemasaran dengan empat hipotesis yang akan diuji. Analisis data terhadap 115 responden outlet usaha perakitan komputer di Jakarta dengan teknik geographical random sampling dilakukan dengan alat analisis Structural Equational Modelling (SEM) pada program AMOS 4.01. Hasil pengujian Goodness of Fit Index menunjukkan nilai chi-square sebesar 86,520, probability sebesar 0,374, GFl sebesar 0,913, AGFI sebesar 0,874, TLI sebesar 0,997, CFI sebesar 0,996, CMIN/DF sebesar 1,042, dan RMSEA sebesar 0,019. Hasil Analisis data menunjukkan bahwa semua hipotesis yang diajukan dapat diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel promosi, pengelolaan pengetahuan konsumen, keunggulan produk baru mempunyai pengaruh positif terhadap tingkat kesuksesan produk baru. Sementara itu variabel tingkat kesuksesan produk baru memiliki pengaruh positif terhadap kinerja pemasaran. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat kesuksesan produk baru dapat meningkatkan kinerja pemasaran. Penelitian ini juga menghubungkan hasil penelitian dengan implikasi teoritis dan implikasi kebijakan bagi manajemen perusahaan perakitan komputer secara keseluruhan yang diuraikan pada bagian kesimpulan. Keterbatasan penelitian dan agenda penelitian mendatang dapat dijadikan ajuan bagi para peneliti selanjutnya.

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Management
ID Code:10015
Deposited By:Mr UPT Perpus 2
Deposited On:04 May 2010 14:00
Last Modified:04 May 2010 14:00

Repository Staff Only: item control page